Polda Metro Jaya Gelar Razia Sistem E-Tilang di Jakarta Timur

Kamis, 05 Januari 2017 - 01:29 WIB
Polda Metro Jaya Gelar Razia Sistem E-Tilang di Jakarta Timur
Polda Metro Jaya Gelar Razia Sistem E-Tilang di Jakarta Timur
A A A
JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar razia e-tilang di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur. Sistem e-tilang diberlakukan dengan tujuan untuk mencegah adanya permainan transaksi uang ilegal yang dilakukan petugas dan pelanggar lalu lintas.

Pantauan SINDOnews, petugas yang berjaga disekitar lokasi satu persatu langsung memberhentikan laju kendaraan yang diketahui melanggar peraturan, seperti tak membawa surat kelengkapan berkendara yakni, SIM dan STNK hingga helm.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, e-tilang mulai diberlakukan terhitung dari 16 Desember 2016 lalu, tujuannya untuk mencegah adanya permainan transaksi uang ilegal yang dilakukan petugas dan pengendara.

"Ini jawaban dari reformasi hukum di Indonesia yang masih bertele-tele, dengan adanya e-tilang petugas mengarahkan pengendara yang terjaring razia langsung mentransfer ke Bank BRI jadi bisa terbebas dari pungli," kata Budiyanto di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu, 4 Januari 2017 kemarin.

Budiyanto menambahkan, usai yang bersangkutan melakukan transfer ke Bank BRI, pengendara bisa langsung mengambil surat yang ditilang, dengan melampirkan bukti pembayaran.

"Jadi kalau yang bersangkutan kena tilang, nanti di aplikasi akan muncul namanya, dan apabila belum dibayarkan warna yang tertera di aplikasi e-tilang biru. Kalau sudah dibayar warnanya menjadi hijau," tambahnya.

Sementara itu, salah satu pengendara motor yang terjaring razia e-tilang Djarot (35) mengaku pasrah saat ditilang petugas."Saya enggak terlalu kaget dengan adanya sistem seperti ini, karena ini kan sebenarnya membuat pengendara saling waspada dan menjaga. Keuntungan e-tilang enggak nunggu sidang, jadi cepet. Habis transfer, STNK saya dikembalikan," kata Djarot.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4764 seconds (0.1#10.140)