Relawan Anies-Sandi Akan Terjunkan Peneliti Muda ke Kelurahan

Selasa, 22 November 2016 - 18:52 WIB
Relawan Anies-Sandi Akan Terjunkan Peneliti Muda ke Kelurahan
Relawan Anies-Sandi Akan Terjunkan Peneliti Muda ke Kelurahan
A A A
JAKARTA - Relawan pasangan cagub nomor 3, Anies-Sandi tengah mempersiapkan penerjunan relawan peneliti muda untuk melakukan riset partisipatif. Tugas utama Relawan Peneliti Muda ini adalah mengadakan riset tentang problem-problem pokok komunitas.

Koordinator Relawan Anies-Sandi, M. Chozin Amirullah mengatakan, dengan diterjunkannya peneliti muda ini diharapkan problem riil komunitas, yang berakar pada kemiskinan, kesenjangan, keterbelakangan dan penurunan daya dukung lingkungan dapat diangkat melalui riset-riset mereka.

"Nantinya hasil-hasil riset terbaik akan dipublikasikan melalui berbagai media yang ada seperti buku, jurnal, website, blog, dan bahkan video-video singkat-tematik," katanya melalui siaran pers, Selasa (22/11/2016).

Lebih lanjut, Chozin menjelaskan kegunaan penelitian oleh Relawan Peneliti Muda tersebut. Nantinya hasil-hasil penelitian akan menjadi bahan kajian bersama dan akan menjadi kebijakan pemerintah DKI Jakarta.

Saat ditanya bagaimana menggerakkan para peneliti muda tersebut, Chozin berjanji akan mengusulkan agar ada skema bantuan dana riset bagi peneliti-peneliti muda.

"Ini memang bukan pekerjaan ringan, bayangkan ada 267 kelurahan dan 2.900-an RW di DKI Jakarta ini. Jika cakupan penelitiannya level kelurahan, maka diperlukan setidaknya 267 Relawan Peneliti Muda," ujarnya.

"Jika cakupan penelitiannya lebih ke bawah lagi yaitu sampai level RW maka diperlukan rekruitmen sekitar 2.900 Relawan Peneliti Muda dalam waktu dekat ini," ungkap mantan aktivis mahasiswa '98 tersebut.

Diharapkan kebijakan-kebijakan yang dilahirkan berdasarkan hasil riset akan berpihak kepada hak-hak warga Jakarta. Di bawah kepemimpinan Anies-Sandi, diharapkan kebijakan-kebijakan untuk Jakarta adalah yang bersifat partisipatif dan saintifik.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6369 seconds (0.1#10.140)