Jelang Pilgub DKI 2017, Mabes Polri Makin Getol Patroli Cyber

Senin, 31 Oktober 2016 - 15:37 WIB
Jelang Pilgub DKI 2017, Mabes Polri Makin Getol Patroli Cyber
Jelang Pilgub DKI 2017, Mabes Polri Makin Getol Patroli Cyber
A A A
DEPOK - Jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017, Mabes Polri makin getol memantau pergerakan internet, khususnya media sosial (medsos). Patroli cyber di dunia maya itu dilakukan untuk mengantisipasi ujaran kebencian atau hate speech yang memicu provokasi.

"Penggunaan media sosial jangan sampai memancing situasi," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar di Depok, Senin (31/10/2016).

Dia menambahkan, hingga saat ini baru satu temuan yang akan diproses terkait kabar bohong atau hoax soal instruksi Kapolri kepada Bareskrim Polri untuk memeriksa Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. Bahkan, dalam hal ini satu pelaku tengah diproses.

"Baru satu temuan itu soal hoax Amien Rais. Sudah ketemu orangnya, itu hoax," jelas Boy. (Baca: Patroli Cyber, Polda Diminta Tak Berpihak Calon Petahana DKI)

Boy meminta, agar masyarakat tidak percaya terhadap informasi apapun yang disebarkan melalui group pesan sosial seperti BBM atau WhatsApp. Dia enggan menyebutkan dengan detail konten apa yang sedang dipantau oleh Polri.

"Itu biar jadi bahan bagi kami saja. Kami minta kepada masyarakat jangan terjebak provokasi," tegasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6948 seconds (0.1#10.140)