Saksi Ahli asal Australia Ini Beberkan Efek Sianida di Sidang Jessica

Senin, 05 September 2016 - 17:30 WIB
Saksi Ahli asal Australia...
Saksi Ahli asal Australia Ini Beberkan Efek Sianida di Sidang Jessica
A A A
JAKARTA - Ahli patologi asal Australia Prof Dr Beng Beng Ong menjadi saksi dalam persidangan pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso. Dalam kesaksiannya Beng Beng menjelaskan efek bila seseorang meminum sianida.

Beng Beng mengatakan, gejala umum yang ditunjukkan oleh seseorang yang telah terkena racun sianida adalah mual, muntah, kesulitan bernapas. Apabila dosisnya tinggi, lanjut Beng Beng, korban akan kejang-kejang dan meninggal dunia.

"Kecepatan seseorang meninggal ketika terkena racun sianinda itu tergantung cara masuknya," kata Beng Beng dalam persidangan di PN Jakarta Pusat, Senin (5/9/2016).

Beng Beng menambahkan, apabila sianida itu masuk ke tubuh dalam bentuk gas, maka akan lebih cepat membuat nyawa seseorang melayang. Karena gas sianida akan langsung masuk ke paru-paru sehingga menghambat saluran pernapasan.

Beng Beng menuturkan, apabila racun sianida masuk ke tubuh melalui mulut, maka kecepatan meninggalnya korban biasanya lebih lama. Karena racun tersebut harus masuk terlebih dahulu ke dalam lambung.

Setelah racun tersebut diserap oleh usus, maka akan masuk ke darah, dan akan dinetralisir oleh hati. Apabila jumlah dosisnya tinggi, maka hati tidak bisa menetralisir secara sempurna, serta racun tersebut kemudian akan masuk ke jantung.

Dari jantung, racun sianida akan disebarkan ke seluruh tubuh. "Ini sebabnya mengapa efek racun tersebut sedikit lebih lambat," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)