Uji Coba Ganjil Genap Hanya Memindahkan Kemacetan

Kamis, 28 Juli 2016 - 12:13 WIB
Uji Coba Ganjil Genap Hanya Memindahkan Kemacetan
Uji Coba Ganjil Genap Hanya Memindahkan Kemacetan
A A A
JAKARTA - Pengendara sepeda motor menyebut uji coba ganjil genap hanya memindahkan kemacetan dari jalan protokol ke jalur alternatif. Pasalnya, kendaraan roda empat yang tak bisa masuk ke kawasan ganjil genap justru semakin memadati jalan alternatif.

Salah seorang pengendara motor, Nirmala Sari (24) mengatakan, sejak diberlakukannya uji coba aturan ganjil genap di Jakarta ini, khususnya di Jalan Jenderal Sudirman, arus kendaraan justru menjadi lebih padat seperti di Jalan Asia Afrika. Kendaraan roda empat tampak lebih banyak daripada hari-hari biasa.

"Sejak kemarin lewat jadi makin padat di sini (Jalan Asia Afrika). Saya perhatikan juga, itu mobil yang lewat pelatnya ganjil semua. Mungkin karena mereka sudah antisipasi cari jalur alternatif. Biasanya banyakan motornya, ini kok malah jadi mobil semua," ujarnya saat berbincang di depan Senayan City, Jakarta Selatan, Kamis (28/7/2016).

Menurut Nirmala, dibandingkan dengan sistem ganjil genap ini, sistem 3 in 1 justru lebih efektif mengatasi kepadatan arus lalin. "3 in 1, kalau dia tak bisa masuk, kan bisa diakalin sewa joki. Jadi, semua mobil tak selalu lewat jalur alteri. Jadi sewaktu jalur arteri padat, mobil juga bisa beralih ke jalur 3 in 1. Kalau ganjil genap, arterinya padat, mobil ganjil kayak sekarang yah banyak, yah makin padat saja jadinya," tuturnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0289 seconds (0.1#10.140)