Ganjil Genap Tak Akan Kurangi Jumlah Kendaraan Bermotor

Rabu, 27 Juli 2016 - 05:27 WIB
Ganjil Genap Tak Akan Kurangi Jumlah Kendaraan Bermotor
Ganjil Genap Tak Akan Kurangi Jumlah Kendaraan Bermotor
A A A
JAKARTA - Kebijakan ganjil genap dinilai tidak akan mengurangi jumlah kendaraan bermotor secara maksimal. Sebaiknya, Pemprov DKI memfokuskan perbaikan sistem transportasi umum di Ibu Kota.

Pengamat perkotaan dari Universitas Trisakti Nirwono Jogo mengatakan, kebijakan sistem ganjil genap tidak dapat membuat pengurangan kendaraan bermotor dapat maksimal. Hal ini dikarenakan angkutan umum di Jakarta belum tersedia dengan baik.

"Sebaiknya, Pemprov DKI memfokuskan terhadap sistem transportasi yang ada, salah satunya dengan memperbaiki armada Transjakarta hingga mempersiapkan halte bus Transjakarta. Kemudian memaksimalkan sterilisasi jalur, hingga memaksimalkan park n ride di terminal pinggiran Ibu Kota," kata Nirwono kepada Sindonews Selasa, 26 Juli 2016 kemarin.

Nirwono menuturkan, cara itu dapat mendorong masyarakat untuk beralih dari menggunakan kendaraan pribadi ke kendaraan umum, sehingga jalanan semakin berkurang dari kendaraan.

Sementara untuk memaksimalkan kendaraan yang ada, Nirwono menyarankan adanya upaya memberlakukan zona parkir. Artinya zona parkir di tengah kota dimaksimalkan sementara di pinggiran menjadi murah.

"Dengan begitu orang akan memilih lari ke pusat kota dengan kendaraan umum," jelasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0856 seconds (0.1#10.140)