Pengamat Nilai DKI Tak Serius Lakukan Sterilisasi Busway

Senin, 13 Juni 2016 - 23:03 WIB
Pengamat Nilai DKI Tak...
Pengamat Nilai DKI Tak Serius Lakukan Sterilisasi Busway
A A A
JAKARTA - Upaya sterilisasi busway di Jakarta sejatinya sudah dilakukan sejak dahulu. Selama ini Pemprov DKI dinilai tak konsisten melakukan upaya sterilisasi busway.

Direktur Institusi Studi Transportasi, Darmaningtyas cukup muak dengan upaya sterilisasi yang dilakukan Dirlantas dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Menurutnya upaya ini semestinya sudah berjalanan beberapa tahun lalu. "Ini harus konsistensi antara institusi, sebenarnya udah terjadi setiap tahun," jelasnya ketika dihubungi, Senin (13/6/2016).

Melihat hal itu, Darmaningtyas menilai Pemrov DKI sepertinya tidak serius dengan upaya seterilisasi. Pasalnya bila dilakukan sejak beberapa tahun lalu, dan dilakukan saat pertama kali pembuatan, kemacetan Jakarta bisa di hindari, masyarakat akan menggunakan transportasi massal untuk mobilitas setiap harinya.

Sementara itu, Pengamat perkotaan dan transportasi Universitas Trisakti, Nirwono Jogo mengatakan sterilisasi bisa mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

Ancaman denda semestinya dapat membuat masyarakat menjadi waspada dan berpikir ulang untuk menggunakan jalur busway demi mempersingkat waktu.

Meski demikian, dirinya mengatakan semestinya sebelum melakukan sterilisasi sejumlah kawasan parkir harus disedikan terlebih dahulu.

Kondisi ini akan mempermudah masyarakat untuk menggunakan angkutan pribadi. "Parkir harus diperbanyak dulu," ucapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8471 seconds (0.1#10.140)