Tipu Jamaah Umrah, Pria Pemakai Gelar Kiai Ini Ditangkap Polda

Rabu, 01 Juni 2016 - 18:54 WIB
Tipu Jamaah Umrah, Pria...
Tipu Jamaah Umrah, Pria Pemakai Gelar Kiai Ini Ditangkap Polda
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya menangkap Mahfudz yang sering memakai gelar Kiai Haji di depan namanya karena diduga melakukan penipuan belasan calon jamaah umrah. Mahfudz yang merupakan Dirut PT Garuda Angkasa Mandiri (GAM) diringkus tanpa perlawanan dari rumahnya di Jalan Adi Sucipto, Benda, Kota Tangerang.

Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan mengatakan, penangkapan terhadap KHM ini dari laporan masyarakat yang mengaku telah ditipu oleh Dirut PT Garuda Angkasa Mandiri tour dan travel, tersebut. Para pelapor mengaku hendak pergi umrah, namun tak kunjung diberangkatkan hingga saat ini.

"Mereka (pelapor) dijanjikan akan diberangkatkan umrah pada Desember 2015- Februari 2016. Namun, sampai waktu yang dijanjikan tidak seorang pun jamaah yang diberangkatkan," ujarnya pada wartawan, Rabu (1/6/2016)

Menurut Herry, pelaku menawarkan paket perjalanan umroh kepada tiap calon jamaah itu dengan harga bervariasi, yakni mulai harga Rp13,5-19,5 juta. Pelaku pun diketahui sudah menjalankan aksinya itu pada 2009, 2014, dan 2016 ini.

Namun, dari semua calon jamaah yang telah mendaftar dan membayar uang paket sesuai yang ditentukannya itu, tak ada satupun calon jemaah yang diberangkatkan pelaku.

"Saat kami periksa lebih jauh, Kementerian Agama DKI Jakarta selaku ahli yang menerbitkan izin travel itu menyebut, kalau PT GAM itu tidak berizin. Pelaku tak pernah berangkatkan calon jamaah, lebih lagi, dia tak ada itikad baik pada korbannya untuk menyelesaikannya secara bersama," tuturnya.

Adapun barang bukti yang diamankan polisi itu berupa kuitansi asli, bukti transfer, dan bukti brosur haji serta umrah. Polisi pun tengah mendalami dan akan segera menyusun berkas kasusnya itu agar dapat diadili di pengadilan. Pelaku dijerat Pasal 378 KUHP dan Pasal 372 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8866 seconds (0.1#10.140)