Mengenal Al Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus (Habib Keramat)

Sabtu, 07 Mei 2016 - 23:33 WIB
Mengenal Al Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus (Habib Keramat)
Mengenal Al Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus (Habib Keramat)
A A A
JAKARTA - Sosok Al Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus atau lebih dikenal dengan sebutan Habib Keramat itu merupakan orang yang dianggap mulia. Pasalnya, selain pribadinya yang baik dan alim, habib Keramat pun memiliki karomah yang diberikan Allah SWT hanya pada orang-orang tertentu saja.

Ketua Pengurus Masjid Jami Keramat Luar Batang Habib Husein bin Hasan bin Abu Bakar bin Husein mengatakan, arti keramat yang disematkan masyarakat pada Al Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus itu merupakan kata ganti dari karomah. Pada masa Habib Keramat itu hidup di Batavia, masyarakat menyebutnya dengan nama habib yang memiliki banyak karomah.

Lantas, pernyataan itu bergeser menjadi lebih singkat, yakni keramat yang berarti karomah. Karomah yang dimiliki Habib Keramat itu pun sejatinya telah tampak sejak dia masih berusia remaja. Di suatu hari, Habib Keramat yang masih tinggal bersama ibunya di negeri Yaman, membantu ibunya memintal benang.

"Saat itu, Habib Keramat kecil memilih ke gudang pemintal benang sendiri. Karena sudah hampir seharian berada di gudang tersebut, ibunya pun menjemputnya. Namun luar biasa, ibunda Habib Keramat itu malah terkaget-kaget," ujarnya pada Sindonews di Masjid Jami Keramat Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat 6 Mei 2016 lalu.

Kekagetan itu, lanjut Habib Husein, dikarenakan gudang yang tadinya berantakan tak karuan menjadi rapi. Kemudian ada banyak pintalan benang yang sudah jadi dan hanya bisa diselesaikan dalam waktu berminggu-minggu lamanya.

Saat itu, kondisi Habib Keramat kecil tengah tertidur pulas, sedang nasi yang disediakan untuknya belum juga dimakan. Heran dengan perbuatan anaknya yang dianggap janggal itu, ibunda Habib Keramat pun menceritakannya pada tokoh ulama di Yaman.

Saat itu, tokoh ulama itu justru mengingatkan ibunda Habib Keramat untuk tak menceritakan kejadian itu pada siapa pun lagi. Sebab, ulama itu yakin kalau Habib Keramat merupakan orang yang diberikan karomah oleh Allah SWT.

Ulama Yaman itu pun menyebut suatu saat nanti, Habib Keramat pun akan menjadi orang yang luar biasa dan tersohor. "Jadi, memang dari kecil itu Habib Keramat sudah tampak, ada karomah atau kekeramatan yang dimiliknya. Semua tidak lain karena Allah," tuturnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5188 seconds (0.1#10.140)