Antisipasi Macet parah, Jasa Marga Akan Rekayasa Lalin

Jum'at, 29 April 2016 - 16:55 WIB
Antisipasi Macet parah, Jasa Marga Akan Rekayasa Lalin
Antisipasi Macet parah, Jasa Marga Akan Rekayasa Lalin
A A A
JAKARTA - Untuk mengurai kemacetan pada libur panjang 5 hingga 8 Mei 2016 nanti, PT Jasa Marga akan melakukan rekayasa lalu lintas, mulai sistem buka tutup hingga pemberlakukan contra flow di ruas Jakarta - Cikampek.

Direktur Operasi Jasa Marga, Christantio Prihambodo mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengurai kemacetan. Rencananya, di simpang susun (SS) Cikunir ditempatkan petugas untuk pengaturan lalu lintas yang akan menuju Cikampek.

"Rencana melakukan pengalihan arus lalu lintas di Ramp 5 Cikunir via Sodetan Kalimalang. Kami juga akan lakukan buka tutup dan pengaturan parkir di rest area ruas Jakarta-Cikampek dan Tempat istirahat ruas Purbaleunyi," jelas Christantio di kantor Jasa Marga, Jakarta Timur, Jumat (29/4/2016).

Ia menambahkan, pengaturan lalu lintas GT Cikarang Utama 1 diantaranya, transaksi Jemput Kendaraan (JKR). Gerbang Tol Cikarang Utama 2 yang semula GT Exit secara bertahap digunakan menjadi GT Entrance.

Dalam kondisi darurat, akan diberlakukan sistem contra flow di sekitar rest area. "Saat arus balik di Km 66 dilakukan pengaturan lalu lintas oleh petugas dan memperpanjang dedicated lane untuk lalu lintas dari arah Tol Cipularang," lanjutnya.

Jasa Marga juga telah menyiapkan 97 unit mobil derek jika ada kendaraan mogok di jalan tol. standard, 54 unit kendaraan layanan jalan tol, 22 unit ambulans, 14 unit kendaraan rescue, 57 unit Patroli Jalan Raya dan 2 unit kendaraan derek multi guna (Komo).

"Untuk mempercepat penanganan gangguan perjalanan, kendaraan Multi Guna (Komo) ditempatkan masing-masing 1 unit di GT Tambun Km 22 Ruas Jakarta-Cikampek, dan 1 unit di Workshop Ruas Jakarta-Bogor-Ciawi," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4781 seconds (0.1#10.140)