Antisipasi Kemacetan, Ancol Siapkan 4 Pintu Masuk

Kamis, 31 Desember 2015 - 18:37 WIB
Antisipasi Kemacetan,...
Antisipasi Kemacetan, Ancol Siapkan 4 Pintu Masuk
A A A
JAKARTA - Untuk mengantisipasi kemacetan parah di kawasan Ancol, Jakarta Utara, penyelenggara menyiapkan empat pintu masuk ke pusat acara tahun baru 2016 itu. Tak hanya itu, polisi juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Ancol jika terjadi kemacetan parah.

Kasatwil Lantas Jakarta Utara, AKBP Sudarmanto menerangkan, belajar dari pengalaman tahun lalu, pola contra flow (pengalihan arus) lalu lintas yang dilakukan pihaknya tidak akan jauh berbeda.

"Kami bagi menjadi empat bagian, selatan, tengah, barat, dan timur. Semuanya merupakan jalur utama menuju kawasan Ancol," terang Sudarmanto saat dihubungi SINDO, Kamis (31/12/2015).

Secara memperinci, Sudarmanto menerangkan, pengunjung yang akan masuk Ancol dari kawasan tengah, nantinya dapat melalui jalan Benyamin Sueb, Pintu Keluar Tol Kemayoran, dan jalan Budi Mulia. Sedangkan untuk kawasan timur, pengunjung akan dapat masuk melalui jalan RE Martadinata dan jalan Ancol Baru Selatan.

Sementara itu untuk masuk melalui kawasan Barat, lanjut Sudarmanto akan masuk melalui kampung Bandan, dan gerbang masuk Ancol Barat. Sedangkan untuk kawasan selatan, pengunjung bisa masuk melalui jalan Gunung Sahari, Jalan Mangga dua Raya.

Sudarmanto melanjutkan, dalam perayaan Tahun Baru 2016 nanti, dirinya tidak menjamin akan melakukan penyekatan maupun penutupan akses bagi pengunjung yang ingin masuk maupun keluar dari Ancol.

"Kami mengimbau masyarakat yang akan menghabiskan malam tahun baru untuk menuruti imbauan petugas di lapangan. Jika ada pengalihan arus, itu kan demi kelancaran bersama di jalan," tambahnya.

Sementar usai acara perayaan tahun baru dan konser musik nantinya selesai sekitar pukul 00.30 WIB, maka pihak lantas akan membuka enam pintu akses di kawasan Ancol, demi memperlancar arus kendaraan.

Enam pintu akses pintu tersebut yakni, Pintu Gerbang Marina, Pintu Gerbang Utama Ancol‎ Barat, Pintu Gerbang Utama Ancol Timur, Pintu Gerbang Ecopark, Pintu Gerbang Carnaval, dan Pintu Gerbang VVIP.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)