Penutupan Jalur Puncak di Malam Tahun Baru

Kamis, 31 Desember 2015 - 15:47 WIB
Penutupan Jalur Puncak di Malam Tahun Baru
Penutupan Jalur Puncak di Malam Tahun Baru
A A A
BOGOR - Guna mengantisipasi kemacetan parah saat malam pergantian tahun baru 2016, Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup jalur Puncak selama 12 jam. Penutupan dimulai pukul 18.00 WIB sore nanti, hingga pukul 06.00 WIB besok.

Penutupan jalur Puncak diberlakukan untuk arah Puncak-Cianjur dari arah Jakarta. Namun penutupan jalur tersebut hanya untuk kendaraan roda empat atau lebih. Sedangkan dari arah sebaliknya atau Cianjur ke Jakarta serta untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor masih diperbolehkan melintas.

"Maka dari itu kami mengimbau, kepada masyarakat yang sudah booking penginapan untuk liburan malam tahun baru di Puncak diharapkan datang lebih awal (pagi atau siang) sebelum pukul 18.00 WIB, setelah itu (saat jalur ditutup) kami akan alihkan ke Jonggol dan Sukabumi," kata Kasatlantas Polres Bogor AKP Bramastyo Priaji saat ditemui di simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Kamis (31/12/2015).

Kemudian, mengantisipasi adanya kecelakaan dan tindak kriminal saat penutupan jalur di malam perayaan tahun baru, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh satuan di Polres Bogor untuk menjaga di setiap titik kerawanan macet dan kriminal di pusat-pusat keramaian. "Kami berharap seluruh masyarakat yang menghabiskan libur tahun baru untuk sama-sama menjaga ketertiban dan keselamatan maupun keamanan dalam merayakan malam tahun baru ini," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan arus lalu lintas di jalur Puncak, tepatnya sejak pukul 06.00 WIB pagi hingga 15.00 WIB sore, dari kedua arah (Jakarta-Puncak) maupun sebaliknya (Puncak-Jakarta) ramai lancar, bahkan terlihat lengang saat menjelang penutupan jalur.

"Mungkin mereka sebagian besar punya perkiraan yang sama, daripada berangkat pagi atau siang, lebih baik dua hari sebelum malam tahun baru. Sehingga terjebak macet juga semalam," ujar Dony Purwanto (34), warga Cibubur, Jakarta Timur, saat ditemui di salah satu rest area dan pusat oleh-oleh di Jalan Raya Puncak-Cipayung, Megamendung, Kabupaten Bogor.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7487 seconds (0.1#10.140)