KRL Tanjung Priok-Jakarta Kota Siap Beroperasi

Senin, 23 November 2015 - 23:35 WIB
KRL Tanjung Priok-Jakarta...
KRL Tanjung Priok-Jakarta Kota Siap Beroperasi
A A A
JAKARTA - PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan siap mengoperasikan kembali trayek KRL Commuter Line relasi Tanjung Priok-Jakarta Kota. Kepastian ini didapat setelah PT KAI melakukan uji coba di jalur tersebut tadi pagi.

Manager Senior Humas PT KAI Daop 1 Bambang S Prayitno menuturkan, sebenarnya pengaktifan kembali jalur ini direncanakan pada April 2015 lalu. Namun karena ada beberapa masalah jalur tersebut baru dapat diuji coba tadi pagi.

"Melihat hasil uji coba, kami sudah sangat siap. Renovasi stasiun, perbaikan rel, sinyal, sistem saluran atas, hingga persiapan lain telah dilakukan," tutur Bambang, Senin (23/11/2015).

Bambang menjelaskan, relasi Tanjung Priok-Jakarta Kota memiliki panjang 8,086 kilometer. KRL Commuter Line akan melintas di dua stasiun yakni Stasiun Ancol dan Stasiun Kampung Bandan, sebelum nantinya berakhir di Stasiun Jakarta Kota.

"Ke depannya kita rencanakan pengoperasian Stasiun Tanjung Priok ke arah Stasiun Rajawali," jelasnya.

Senior Humas PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Eva Chairunissa mengatakan, belum mengetahui kapan Commuter Line Tanjung Priok-Jakarta Kota beroperasi. PT KAI, lanjut Eva, masih menunggu keputusan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub.

"Kalau saat ini kami menyatakan sangat siap. Tapi kan ada evaluasi, biar nanti hasilnya disampaikan oleh pihak Ditjen," jelasnya.
Untuk melengkapi hal itu, KCJ mengaku telah menyiapkan beberapa persiapan, seperti sinyal, persiapan rangkaian, hingga tiketing elektronik.

Rencananya untuk uji coba sendiri, KCJ mengaku telah menyiapkan dua hingga empat perjalanan setiap harinya. "Mungkin setelah sebulan nanti, hasil evaluasinya bisa kita umumkan kepada masyarakat. Bisa jadi nantinya kereta akan bertambah," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)