Hindari Kecurangan, Timbangan Batu Akik Pasar Rawa Bening Diuji

Jum'at, 23 Oktober 2015 - 15:49 WIB
Hindari Kecurangan, Timbangan Batu Akik Pasar Rawa Bening Diuji
Hindari Kecurangan, Timbangan Batu Akik Pasar Rawa Bening Diuji
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melakukan uji ulang alat ukur timbangan (tera ulang) di Pasar Rawa Bening, Jatinegara, Jakarta Timur. Uji ulang alat ukut timbang di pasar batu mulia dan akik ini untuk meningkatkan kualitas batu-batu mulia.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta Irwandi mengatakan, kegiatan tera ulang ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pasar batu di Rawa bening mengingat saat ini tren batu sepi peminat.

‎"Kalau timbangan jeruk sekilo kurang sedikit itu enggak seberapa. Kalau batu harganya misal Rp10 juta beratnya kurang, itu kan bisa berkurang sejuta satu orang konsumen. Kalau ada 100 orang konsumen gimana?," kata Irwandi di Pasar Rawa Bening, Jumat (23/10/2015).

Irwandi menjelaskan, hukum pasar penjualan barang atau batu ketika ramai diminati harga semakin mahal, dan ketika sepi harga menjadi murah. Untuk mensiasati apabila sepi penumpang, kata dia, pedagang terkadang bermain dalam timbangan.

Kendati demikian, lanjut Irwandi, dari sekitar 50 pedagang batu dan perhiasan di Pasar Rawa Bening yang mengikuti tera ulang timbangan selama dua hari sejak Kamis 22 Oktober 2015 kemarin, tidak menemukan kecurangan tersebut.

"‎Kami sudah komitmen dengan PD Pasar Jaya akan terus adakan perlindungan konsumen dengan cara tera ulang timbangan. Jangan sampai masyarakat dibohongin dengan timbangan," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Irwandi,‎ pihaknya juga menggelar sosialisasi kepada para kepala pasar di bawah naungan PD Pasar Jaya. "Agendanya jadi sosialisasi ke kepala pasar dan langsung sekalian tera ulang ulang. Karena di sini sebenarnya sudah biasa ditera ulang. Ini juga akan menyasar ke toko-toko emas," ungkapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5143 seconds (0.1#10.140)