Kondisi Empat Situ di Depok Kritis

Sabtu, 03 Oktober 2015 - 11:30 WIB
Kondisi Empat Situ di...
Kondisi Empat Situ di Depok Kritis
A A A
DEPOK - Empat dari 26 situ yang ada di Kota Depok kondisinya kritis, Pemkot Depok sendiri sudah meminta kepada pemerintah pusat membantu mengelola situ tersebut.

Wakil Wali Kota Depok, Idris Abdul Shomad mengakui ada tiga kategori kondisi situ di Depok yakni sangat memprihatinkan, memperihatinkan, dan potensial.

“Ada sekitar empat situ yang kini kondisinya sangat memprihatinkan atau sekitar 20 persen dari jumlah situ yang ada di Depok. Lokasinya mana saja itu nanti bisa dilihat,” ujar Idris kepada wartawan, Jumat 2 Oktober 2015.

Dia menjelaskan, bahwa beberapa situ di Depok juga masih ada yang potensial untuk dikelola di antaranya Situ Sawangan, Situ Pengasinan, Situ Cilodong dan Situ RRI.

“Harus ada langkah komunikasi yang intensif dan efektif dengan kementerian. Kalau itu tidak bisa dilakukan kami capek untuk menjaga aset orang. Terserah siapa yang mau kelola, kalau memang aset pemerintah pusat silahkan mereka yang kelola,” paparnya.

Pihaknya telah mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk melakukan normalisasi tujuh situ. Namun usulan normalisasi bukan bersifat penuh melainkan perbaikan sarana dan prasarana seperti jogging track dan lainnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, administrasi terkait keberadaan situ di Depok juga harus jelas. Dengan begitu nantinya dapat diketahui siapa yang menggunakan tanah situ secara ilegal dan memiliki legalitas.

“Dana pemeliharaan situ sesungguhnya setiap tahunnya mencapai miliaran rupiah dan itu berasal dari APBD. Seperti pembersihan gulma yang ada di situ, penanaman pohon dan lainnya,” terangnya.

PILIHAN:

Edarkan Sabu, Pengemudi Go-Jek Dibekuk Polisi

Dianiaya Senior, Tubuh Mahasiswa Ini Disiram Cairan Kimia
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1015 seconds (0.1#10.140)