Begini Cara Ony Tipu Perwira Polisi

Senin, 17 Agustus 2015 - 21:29 WIB
Begini Cara Ony Tipu Perwira Polisi
Begini Cara Ony Tipu Perwira Polisi
A A A
JAKARTA - Dalam melakukan penipuan, Ony Suryanto menyasar kesejumlah perwira polisi yang masih aktif. Disini, Ony berperan sebagai ajudan Kapolri atau Wakapolri gadungan untuk memperdaya korbannya.

Kanit V Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Mero Jaya Kompol Handik Zusen kepada menjelaskan, Ony menipu dengan berpura-pura sebagai salah satu ajudan maupun pejabat Polri. Disini, Ony menelepon korban yang juga adalah pejabat Polri dengan nomor ponsel yang sudah diatur sebelumnya.

Untuk bisa meyakinkan korbannya, Ony sengaja membeli nomor dengan salah satu ciri khas polisi, yakni yang bernomor belakang 83, sesuai angka angkatan polisi yang lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol).

"Dia mengaku jadi ajudannya Kapolri atau Wakapolri. Gaya bicaranya khas polisi, dia bisa meniru dan ngomong-nya juga meyakinkan," katanya kepada wartawan di mapolda Metro Jaya, Senin (17/8/2015). (Baca: Baru Bebas Penjara, Ajudan Kapolri Gadungan Kembali Ditangkap)

Melalui telepon, Ony minta dibeliin tiket buat anak Kapolri atau pejabat lainnya. Karena polisi sibuk dan tidak berpikir itu penipuan, jadi langsung mentransfer sejumlah uang tersebut ke rekeing yang diberikan Ony.

"Belakangan, beredar broadcast message yang bilang ada tiga nomor yang suka mengaku-ngaku jadi polisi dan menipu, yang ternyata itu nomor si Ony," jelasnya.

PILIHAN:

Ratusan Ribu Peserta Parade Tauhid "Putihkan" Jakarta

Naskah Asli Proklamasi Tertulis 17 - 8 - 05, Ini Artinya
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6865 seconds (0.1#10.140)
pixels