Jelang Ramadan, Polda Metro Awasi Peredaran Makanan

Minggu, 31 Mei 2015 - 17:25 WIB
Jelang Ramadan, Polda Metro Awasi Peredaran Makanan
Jelang Ramadan, Polda Metro Awasi Peredaran Makanan
A A A
JAKARTA - Jelang bulan Ramadan, Polda Metro Jaya melakukan pengawasan terhadap pasokan makanan khususnya yang sudah kedaluwarsa.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi M Iqbal mengatakan, selama bulan puasa ini, kebutuhan pokok masyarakat akan makanan meningkat. Untuk mengantisipasi kecurangan pelaku usaha, pihak kepolisian akan melakukan pengawasan.

‎"Makanan kedaluwarsa tentu menjadi salah satu pengawasan kami. Nanti kami kerja sama dengan BPOM untuk melakukan pengecekan ke lapangan," katanya di Jakarta, Minggu (31/5/2015).

Selain makanan kedaluwarsa, kata dia, pihaknya juga akan mengantisipasi bahan makanan yang mengandung formalin, pengawet dan zat kimia berbahaya lainnya.

"Seperti yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu oleh jajaran Polres terhadap kikil berformalin, tahu berformalin. Nah itu salah satu bentu‎k pengawasan kami menjelang bulan puasa," ucapnya.

Tidak hanya itu, isu beras plastik dan berpemutih juga menjadi perhatian pihak kepolisian. Iqbal mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tim khusus untuk melakukan pengawasan dan penindakan di lapangan. "Nanti kami cek ke pasar tradisional dan modern," ujarnya.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya AKBP Iwan Kurniawan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tim khususnya dari Subdit Industri dan Perdagangan (Indag) untuk melakukan pengawasan. "Pastinya kami akan melakukannya bersama BPOM dan Pemda DKI," tegasnya.

Dia melanjutkan, sampai saat ini memang belum ada laporan terkait dengan adanya makanan kadaluarsa yang beredar. Namun, pihaknya tetap akan melakukan pengawasan sehingga mempersempit ruang gerak pedagang yang berbuat curang.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6738 seconds (0.1#10.140)
pixels