Truk Sampah Bekasi Akan Dipasang GPS

Rabu, 20 Mei 2015 - 04:37 WIB
Truk Sampah Bekasi Akan Dipasang GPS
Truk Sampah Bekasi Akan Dipasang GPS
A A A
BEKASI - Pemkot Bekasi berencana memasang Global Positioning System (GPS) di seluruh truk sampah. Upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi truk disalahgunakan para awak sopir itu sendiri.

Kepala Dinas Kebersihan Kota Bekasi Abdillah mengatakan, pemasangan GPS akan dilakukan tahun depan dengan menggunakan anggaran dari APBD 2016."Saat ini masih dihitung kebutuhanya," kata Abdillah, Selasa 19 Mei kemarin.

Menurutnya, pemasangan GPS itu dimaksudkan untuk memudahkan pengawasan terhadap truk sampah yang beroperasi di seluruh wilayah Kota Bekasi. Selama ini, kata dia, masyarakat mengeluhkan tumpukan sampah di sejumlah titik, gara-gara terlambat diangkut, truk sampah kerap terlambat datang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara.

Selain itu, kata dia, pemasangan GPS dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan sopir truk yang mencari sampingan sebagimana dikeluhkan masyarakat Bekasi. "Kalau dipakai ngompreng bisa
ketahuan," ungkapnya.

Abdillah menambahkan, sejauh ini belum ada pembahasan soal anggaran pengadaan GPS bagi 162 truk sampah di Kota Bekasi. Karena itu, pihaknya belum bisa menyebutkan kebutuhan anggaran
untuk pengadaan alat tersebut.

"Kami total dulu truknya, karena kan ada hibah juga dari Jakarta yang belum turun," katanya. Namun, dia memastikan pemasangan ini akan dilakukan di wilayah Kota Bekasi. Karena, kata dia, sistem GPS ini sudah digunakan DKI Jakarta.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8153 seconds (0.1#10.140)