Eceng Gondok Hambat Normalisasi Situ Pengarengan

Senin, 22 Desember 2014 - 03:11 WIB
Eceng Gondok Hambat Normalisasi Situ Pengarengan
Eceng Gondok Hambat Normalisasi Situ Pengarengan
A A A
DEPOK - Pemkot Depok kesulitan membersihkan Situ Pengarengan di Jalan Juanda, Sukmajaya karena eceng gondok yang memenuhi area situ sangat banyak.

Akibat eceng gondok ini, target pembersihan situ yang harusnya selesai Jumat 19 Desember 2014 hingga kini belum terselesaikan.

"Sudah 40 persen jadi kami masih perlu waktu lagi untuk membersihkan seluruhnya," kata Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Depok, Yulistiani Mochtar, Minggu (21/12/2014).

Jika pengangkatan eceng gondok selesai maka dilanjutkan dengan pengerukan lumpur. Sayangnya, belum semua eceng gondok terangkat dan proses pengerukan pun belum bisa dilakukan.

"Ternyata tidak selesai seperti yang saya perkirakan. Sampai saat ini pembersihan eceng gondok masih terus kami lakukan baik dengan ekskavator amphibi juga secara manual dengan menurunkan tim satgas banjir," ungkapnya.

Tebalnya eceng gondong yang mencapai satu meter juga menjadi kendala. Ditambah lagi, kata dia, jika ada kendala cuaca seperti hujan sehingga pengerjaan terhenti sementara.

Hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan pengerjaan. Namun dia enggan menyebutkan lagi kapan target selesainya.

"Eceng gondoknya sangat tebal, sehingga sampai saat ini pembersihan masih dilakukan," ucapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9705 seconds (0.1#10.140)