Depok Tidak Layak Jadi Kota Hunian

Jum'at, 28 November 2014 - 16:00 WIB
Depok Tidak Layak Jadi Kota Hunian
Depok Tidak Layak Jadi Kota Hunian
A A A
DEPOK - Sejarawan Universitas Indonesia (UI) JJ Rizal menilai Depok merupakan salah satu kota tidak layak huni bagi masyarakat.

Kritik kepada Pemkot Depok dalam mengelola tata kota dan ruang ini disampaikan JJ Rizal dalam diskusi dengan wartawan di Depok, tadi siang.

JJ Rizal mengatakan, Pemkot Depok harus memainkan peran inisiatif untuk mengembangkan kota.

Depok, lanjut Rizal, semestinya dibentuk bukan hanya layak menjadi tempat tidur saja. Masyarakatnya pun harus mempunyai ikatan dengan apa yang terjadi di Depok (sense of belonging).

Namun sayangnya, kata Rizal, Depok selama ini bukan dianggap layak atau nyaman bagi masyarakat. Tetapi hanya karena kota ini lebih murah saja dari Jakarta.

"Depok itu kota tak layak huni dengan banyaknya macet dan banjir. Seharusnya kota dapat mengatur dan memberikan rasa nyaman bagi masyarakat dan tamu-tamunya.

"Depok berkembang tanpa ada inisiatif, tanpa rencana, jadi kota tak layak huni, dalam konteks ini kalau tak disadari ini akan jadi kota yang gagal," paparnya.

Rizal menjelaskan secara properti memang investasi Depok terus naik. Tetapi saat masyarakat membuka pintu rumah, mereka dihadapkan dengan banjir, kemacetan dan kriminalitas.

Belum lagi masalah sistem transportasi yang hanya mengandalkan kereta dan angkot.

"Depok pun tak punya ruang-ruang secara psikologis memiliki kesehatan mental, ruang publik, ruang hijau, ruang biru," paparnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6352 seconds (0.1#10.140)