Kuota Caleg perempuan di Depok terpenuhi 38 persen

Jum'at, 14 Juni 2013 - 22:20 WIB
Kuota Caleg perempuan di Depok terpenuhi 38 persen
Kuota Caleg perempuan di Depok terpenuhi 38 persen
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Depok telah menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS). Saat ini, terdapat 554 DCS yang sudah terdaftar. Dari jumlah tersebut, setidaknya 38 persen dari kaum perempuan.

"Kuota perempuan di Depok sudah terpenuhi. Apalagi, selama ini perempuan yang duduk di anggota dewan juga sudah melebihi kuota," ujar Anggota KPUD Depok Imphi Khani Bajuri, kepada wartawan, di Depok, Jumat (13/06/2013).

Sementara itu, Ketua DPC PAN Depok Hasbullah Rahmat mengklaim, partainya tertinggi dalam pemenuhan kuota perempuan. Dia menuturkan, sebanyak 35 persen yang terdaftar di DCS adalah perempuan. Bahkan, saat ini dua orang yang duduk menjadi anggota dewan dari PAN adalah perempuan.

"Kita bukan partai yang sekadar ngomong tentang kuota perempuan. Apalagi, satu-satunya ketua fraksi dari perempuan adalah PAN," paparnya.

Hasbullah mengungkapkan, partainya terbuka secara umum dengan komposisi 50 persen dari internal dan 50 persen tokoh. Bahkan, lanjutnya, yang menjadi caleg juga tidak semuanya politisi. Namun, kebanyakan dari profesi pengacara, wartawan, pengusaha dan lainnya.

"Kita terbuka dari semua kalangan dan keyakinan masuk semua. Bahkan, komposisi pemuda juga banyak. Saat ini, mengisi masa tunggu DCT digunakan untuk turun ke masyarakat agar tetap diterima," terangnya.

Hal serupa diutarakan Ketua DPD PKS Depok Suparyono. Dia mengaku partainya telah memenuhi kuota yang ditentukan. Menurutnya, sebanyak 47 orang yang masuk DCS di semua dapil kuota perempuan juga terpenuhi.

"Saat ini juga terdapat anggota Dewan dari perempuan. Kita berharap targetnya nanti yang duduk di DPRD sebanyak 17 orang," tandasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7930 seconds (0.1#10.140)