Metro

16 Agustus, 10 juta buruh ancam mogok nasional

Rabu,  10 April 2013  −  13:02 WIB
16 Agustus, 10 juta buruh ancam mogok nasional
Ilustrasi (dok:Istimewa)

Sindonews.com - Aksi damai kaum buruh hari ini, merupakan pemanasan jelang aksi yang lebih besar pada 1 Mei untuk memperingati hari buruh sedunia atau May Day. Dalam peringatan itu, diperkirakan 1 juta massa aksi di bawah bendera Majelis Pekerja Buruh Indonesia akan turun ke jalan.

Menurut Presiden KSPI Said Iqbal, buruh akan melakukan tiga aksi besar yang dimulai hari ini hingga puncaknya pada 16 Agustus 2013 mendatang. Pada aksi mogok nasional dengan mengerahkan 10 juta buruh di seluruh Indonesia.

"Akan ada serangkaian aksi dan kita tidak main-main, diantaranya Mey Day 1 juta massa, mogok umum buruh outsorcing puluhan ribu massa, pada akhir Mai dan mogok nasional 10 juta massa pada 16 Agustus 2013," terangnya, di Bundaran HI, Jakarta, Rabu (10/4/2013).
 
Dia kembali menegaskan, empat tuntutan utama mereka antara lain jaminan kesehatan per 1 Januari 2014, tolak outsourcing di BUMN, tolak upah buruh murah, dan menolak keras RUU Keamanan Nasional dan Ormas.
 
"Kita menolak keras adanya RUU Nasional dan Ormas, karena akan mengganggu demokrasi berserikat masyarakat sipil, termasuk gerakan buruh Indonesia," tegasnya.


(san)

views: 611x
shadow