alexa snippet

Sampaikan Program Ini ke Warga, Elektabilitas Agus Meroket

Sampaikan Program Ini ke Warga, Elektabilitas Agus Meroket
Pengamat Politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun pun menilai, pasangan Agus-Sylvi berpeluang memenangkan kontestasi Pilgub DKI Jakarta 2017 mendatang. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Berdasarkan survei Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI), elektabilitas pasangan calon (paslon) Gubernur DKI Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni cukup tinggi. Pengamat menilai, tingginya elektabilitas Agus karena saat berpidato, Agus menyampaikan program Bantuan Langsung Sementara (BLS) sebesar 400 ribu untuk setiap rakyat miskin.

Berdasarkan hasil survei LKPI, posisi paslon Agus-Sylvi menempati posisi pertama dari segi elektabilitasnya dan mampu mengalahkan paslon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat yang diunggulkan itu.

Pengamat Politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun pun menilai, pasangan Agus-Sylvi berpeluang memenangkan kontestasi Pilgub DKI Jakarta 2017 mendatang.

"Poin pendongkrak elektabilitas Agus-Sylvi yang pertama. Saat berpidato, Agus menyampaikan program Bantuan Langsung Sementara (BLS) sebesar Rp400 ribu untuk setiap rakyat miskin, bagi pemilih kelas menengah kebawah itu sesuatu yang rasional," ujarnya di Senayan, Jakarta Selatan, Senin (14/11/2016).

Selain itu, kata Ubedilah, poin kedua elektabilitas Agus-Sylvi tinggi karena keduanya merupakan kombinasi yang ideal. Secara etnis Agus itu orang Jawa sehingga mampu menyerap suara masyarakat Jawa yang ada di Jawa.

Warga Jakarta pun sejatinya mayoritas dihuni masyarakat Jawa. Sedang Sylvi yang berasal dari Betawi itu pun dinilai mampu menggaet suara masyarakat Betawi selaku masyarakat lokal Jakarta ini.

Selain itu, katanya, tampilan personal Agus yang terlihat tegas dan santun menjadi faktor yang dirasa mampu mendongkrak elektabilitas pasangan Agus-Sylvi tersebut.

"Itu kan jawaban dari problem Ahok, Ahok itu tegas tapi kurang santun, sedangkan Agus tegas dengan latar belakang militer dan dia pun santun, ini yang menyebabkan Agus elektabilitasnya melonjak," katanya.



(ysw)
dibaca 12.265x
loading gif
Top