Menteri Siti Nurbaya Harap Bebersih Bogor Bisa Kembalikan Kenyamanan

Senin, 01 Agustus 2016 - 02:31 WIB
Menteri Siti Nurbaya Harap Bebersih Bogor Bisa Kembalikan Kenyamanan
Menteri Siti Nurbaya Harap Bebersih Bogor Bisa Kembalikan Kenyamanan
A A A
BOGOR - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Abubakar berharap kegiatan Aksi Hijau Nusantara (AHN) yang dikolaborasikan dengan kegiatan Pemkot, Himpunan Alumni 'Bebersih Bogor' dapat membuat Bogor menjadi lebih nyaman.

"Bogor ini sebagai kota yang sangat indah, sejak zaman dahulu. Memiliki kekayaan alam yang baik, situasi dan kondisi lingkungan bagus. Kami berharap, bahwa langkah-langkah masyarakat saat ini dapat mengembalikan Bogor sebagai kota nyaman bagi lingkungan kita," kata Siti Nurbaya di Bogor, Jawa Barat, Minggu 31 Juli 2016.

Dia meminta, agar masyarakat sadar dan peduli terhadap lingkungan masing-masing, khususnya menyangkut sampah. "Hingga saat ini sampah masih bermasalah, seperti plastik, diperkirakan masih ada kira-kira 9,5 miliar kantong plastik yang masih dipakai dalam satu tahun, angka tersebut masih signifikan. Kami juga tahu, tak hanya di Indonesia, tapi di dunia," katanya.

Menurut dia, yang paling berbahaya adalah sampah kantong kresek di laut, kemudian dimakan ikan dan dikonsumsi manusia. "Yang namanya plastik mengapa berbahaya karena dia tidak bisa terurai ketika berada di alam, dan diperkirakan, berurainya dalam waktu 400 tahun," katanya lagi.

Maka dari itu, dia meminta, salah satunya memungut sampah, khususnya plastik merupakan upaya positif. "Ada kelompok masyarakat yang memamerkan hasil kreasi dari sampah plastik yang kemudian bisa dikomersialkan. Ini harus didukung juga, dalam hal ini memfasilitasi modal dan pemasarannya," pungkasnya.

Ketua Himpuna Alumni IPB Bambang Hendroyono selaku penggagas kegiatan AHN 2016 di Kota Bogor mengungkapkan, aksi ini sebagai wujud kepeduliannya terhadap lingkungan, di antaranya dengan memungut sampah. Kemudian, memasang dan memperbanyak tong sampah di area publik hingga melakukan penanaman pohon dan membuat biopori.

"AHN merupakan program kerja sama Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan, Pemda kota Bogor dan Himpunan Alumni IPB yang bertujuan mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan sekaligus mensosialisasikan tata cara pengelolaan sampah melalui gerakan Reduce-Reuse-Recycle," ungkapnya.

Selain memumungut berbagai rangkaian program AHN 2016 di antaranya, penghijauan, dengan penanaman pohon buah dan pohon pelindung di Kota Bogor, gowes sehat, bersepeda untuk menjaga kebugaran dan kesehatan bertempat di Lapangan Kodim 0606 Bogor.

"Operasi Plastik, yaitu dengan melakukan penukaran kantong keresek dan bersih-bersih sampah plastik, bertempat di DPD HA-IPB se-Indonesia. Sahabat Biopori, dengan pembuatan lubang biopori bertempat di lingkungan Kodim 0606 Bogor. AHN Expo, kegiatan Expo berbagai produk daur ulang dari sampah bertempat di Lapangan Kodim 0606 Bogor," tuturnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5458 seconds (0.1#10.140)