Bareskrim Audit RS Pengguna Vaksin Palsu di Bekasi

Selasa, 19 Juli 2016 - 21:02 WIB
Bareskrim Audit RS Pengguna Vaksin Palsu di Bekasi
Bareskrim Audit RS Pengguna Vaksin Palsu di Bekasi
A A A
JAKARTA - Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri mendatangi sejumlah rumah sakit (RS) pengguna vaksin palsu di wilayah Bekasi. Kedatangan penyidik guna melakukan audit di RS perihal kasus penggunaan vaksin palsu.

”Penyidik meminta sejumlah dokumen di sejumlah RS, termasuk di RS Elisabeth,” ungkap kuasa hukum RS Elisabeth, Bekasi, Azaz Tigor Nainggolan kepada wartawan, Selasa (19/7/2016). Menurut Azaz, dokumen yang diminta itu dalam rangka penyidikan kepolisian.

Azaz menyebut, dokumen yang diminta di antaranya sejumlah faktur pembelian vaksin dari CV Azka Medika sejak November 2015 hingga Juni 2016. Berdasarkan data RS Elisabeth Bekasi, diperkirakan ada sebanyak 125 bayi terpapar vaksin palsu dalam rentan waktu sekitar tujuh bulan.

Saat itu, lanjut dia, RS Elisabeth membeli vaksin banyak dari CV Azka Medika, namun yang digunakan hanya untuk 125 orang. Tigor mengaku, rumah sakit terpaksa membeli vaksin dari CV Azka Medika karena ketersediaan vaksin habis. Adapun, distributor GSK tak bisa mengirim vaksin.

”Enggak tahu apakah di sana (GSK) mengalami kelangkaan atau masalah lain, dan akhirnya kami menerima tawaran dari CV Azka,” katanya. RS Elisabeth, lanjut dia, bersedia memberikan vaksin ulang kepada pasien yang terpapar vaksin palsu.

Namun, pemberian dilakukan setelah ada arahan dari Satgas Vaksin Palsu, Kementerian Kesehatan. Adapun pengumunannya juga dilakukan secara personal. Meskipun yang terdata di rumah sakit hanya sebanyak 125 bayi, pihaknya tetap menerima pengaduan orang tua bayi yang pernah divaksin.

Kasubbag Humas Polresta Bekasi Kota Iptu Evi Fatna menuturkan,
selain di RS Elisabeth, Bareskrim juga melakukan audit di RS Hosana Medica Bekasi.”Audit yang dilakukan Bareskrim guna penyidikan dan pendalaman di RS pengguna vaksin palsu,” ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5441 seconds (0.1#10.140)