Pemprov DKI Siapkan Fasilitas Lengkap di Taman Kalijodo

Selasa, 01 Maret 2016 - 03:39 WIB
Pemprov DKI Siapkan Fasilitas Lengkap di Taman Kalijodo
Pemprov DKI Siapkan Fasilitas Lengkap di Taman Kalijodo
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan sembilan konsep ruang untuk Taman Kalijodo yang berdiri di atas lahan eks lokalisasi Kalijodo. Selain itu sebanyak 15 jenis pohon akan di tanam di taman tersebut.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta Ratna Diah Kurniati menjelaskan telah memiliki konsep perencanaan bagi ruang terbuka hijau (RTH) di kawasan Kalijodo. Ratna mengaku telah memiliki konsep ruang sendiri sudah disusun sembilan konsep ruang untuk dibangun nantinya.

"Disiapkan dari kebutuhan jogging track, sarana olahraga dan lokasi untuk berkumpul dan menikmati taman," ujar Ratna, Senin 29 Februari 2016 kemarin. Kesembilan konsep ruang antara lain dimulai dari entrance gate, aā€ˇmphitheater, pedestrian way, sitting area, fountain children play ground, picnic area, futsal area, skateboard park hingga forest sclupture.

Tak hanya itu fasilitas yang lain seperti tempat sampah dan lampu jalur pedestrian juga akan dibangun di lokasi tersebut agar warga bisa menggunakan dengan aman dan nyaman. "Dengan penataan konsep ruang dan konsep fasilitas dan utilitas diharapkan lokasi bisa optimal manfaatnya," tukasnya.

Ratna menambahkan, untuk membuat hijau sebanyak 15 jenis pohon akan ditanam. Jenis tanaman pun akan dipilih dari sistem perakarannya kuat dan tidak merusak konstruksi, tumbuh baik pada tanah padat, dan mengutamakan tanaman lokal dan budidaya.

"Tanamannya dari jenis vegetasi RTH sepadan sungai, vegetasi ornamental, dan tanaman langka yang merupakan tanaman khas betawi," ujar Ratna.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6395 seconds (0.1#10.140)