2016, Tiga Warga Depok Meninggal Akibat DBD

Sabtu, 06 Februari 2016 - 06:28 WIB
2016, Tiga Warga Depok Meninggal Akibat DBD
2016, Tiga Warga Depok Meninggal Akibat DBD
A A A
DEPOK - Wabah demam berdarah dengue (DBD) saat ini menyebar di sejumlah daerah di tanah air, salah satunya Kota Depok. Untuk awal tahun per akhir Januari 2016, ada 142 warga Depok terserang DBD.

Sementara jumlah pasien di RSUD Depok yang melebih 200 pasien bukan warga ber-KTP Depok seluruhnya tetapi juga berasal dari luar Kota Depok. Namun Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Lies Karmawati menegaskan, jumlah itu masih lebih rendah ketimbang bulan yang sama di tahun 2015.

"Ada 142 penderita DBD se-Kota Depok. Membandingkannya dengan tahun lalu di bulan yang sama ada 200an. Ini karena sejak bulan November masih sepi pemberitaan soal DBD lalu mendadak Januari semua daerah lain juga mewabah sehingga semua juga ikut peduli jadinya," ungkap Lies di Balai Kota Depok, Jumat 5 Februari 2016.

Lies mengungkapkan, sejak Januari 2016, sudah ada tiga pasien meninggal karena DBD. Hal itu dipengaruhi daya tahan tubuh seseorang dan tingkat keganasan virus DBD masing-masing penderita.

"Januari ada dua meninggal, lalu satu lagi meninggal baru-baru ini. Di sekolah pun guru juga harus memantau jentik. Sosialisasi terus menerus cegah DBD dengan Pola Bersih Hidup dan sehat (PHBS) di dalamnya ada Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan 3M serta pemeriksaan jentik berkala," katanya.

Sementara itu orangtua murid di sejumlah sekolah mengaku resah dengan mulai banyaknya siswa yang tidak masuk sekolah karena dirawat di rumah sakit terserang penyakit akibat gigitan nyamuk Aedes Agepty ini. Para orangtua meminta agar sekolah tempat anak mereka belajar untuk di-fogging.

PILIHAN:

Sidang Kasus UPS, Ahok Tak Berkutik Ditunjukkan Bukti Ini
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4421 seconds (0.1#10.140)