Warga Liburan ke Luar kota, Sampah Tahun Baru Berkurang

Sabtu, 02 Januari 2016 - 19:26 WIB
Warga Liburan ke Luar kota, Sampah Tahun Baru Berkurang
Warga Liburan ke Luar kota, Sampah Tahun Baru Berkurang
A A A
JAKARTA - Banyaknya warga Jakarta yang mengisi liburan natal dan tahun baru ke luar kota membuat sampah tahun baru berkurang. Usai pesta tahun baru 2016, tercatat sampah yang terkumpul mencapai 700 ton.

"Total sampah pada tahun baru 2016 ini ada 700 ton. Kalau tahun baru lalu ada 900 ton. Jadinya sampah berkurang sekitar 200 ton," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan, Sabtu (2/1/2016).

Isnawa menjelaskan ada tiga faktor yang membuat jumlah sampah menurun. Pertama, turunnya hujan ketika malam tahun baru menurutnya mempengaruhi kerumunan massa untuk membubarkan diri.

Kedua, adanya libur panjang sebelum tahun baru seperti perayaan Natal membuat masyarakat Jakarta sudah keluar kota terlebih dahulu.

"Warga Jakarta sudah banyak yang keluar kota, jadinya jumlah warga lebih sedikit yang merayakan tahun baru di Jakarta," tambahnya.

Faktor ketiga yang membuat jumlah sampah berkurang yaitu tidak adanya panggung hiburan diacara Car Free Night (CFN) di jalan Sudirman hingga MH Thamrin.

Menurut Isnawa, dengan tidak adanya panggung maka bisa mengurangi lokasi kerumunan massa. Alhasil khusus di Sudirman-Thamrin, massa hanya berpusat di bundaran HI.

"Ini faktornya cukup tinggi yang membuat sampah tidak banyak di Sudirman-Thamrin karena massa cuma konsentrasi di HI saja," tutup Isnawa.

PILIHAN:

Erik Bunuh Istri karena Dihamili Pria Lain
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7362 seconds (0.1#10.140)