Tim Buser Sampah Depok Diklaim Efektif Beri Efek Jera

Sabtu, 04 Juli 2015 - 19:45 WIB
Tim Buser Sampah Depok Diklaim Efektif Beri Efek Jera
Tim Buser Sampah Depok Diklaim Efektif Beri Efek Jera
A A A
DEPOK - Berbagai cara dilakukan untuk mewujudkan program unggulan Depok Bersih dan Hijau. Salah satunya dengan menindak tegas pelaku pembuang sampah sembarangan.

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok kini memiliki Tim Buser Sampah. Seperti tim buser di kepolisian, tugas mereka menangkap warga yang membuang sampah sembarangan baik di lingkungan warga ataupun di sungai.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengapresiasi kinerja tim buser sampah. Dia mendorong agar tim bekerja dengan konsisten secara kontinyu menangkap warga yang nakal.

"Saya mengapresiasi khususnya tim buser sampah melakukan upaya pembinaan pencerahan upaya-upaya menangkap mereka yang masih bandel," imbuhnya di depok, Sabtu (4/7/2015).

Nur Mahmudi menambahkan, upaya represif tersebut bukan bermaksud menyengsarakan warga tetapi akan memberikan efek jera. Tindakan yang dilakukan warga, kata dia, sudah merusak dan membahayakan diri, warga, dan kota.

"Bukan sengsarakan mereka tapi agar mereka sadar bahwa tindakan mereka bahayakan diri dan kota, saat segala yang kita temukan aturan-aturan harus ada sanksi," paparnya.

Saat ditanya sudah ada 95 warga yang tertangkap tangan, Nur Mahmudi menegaskan, target perlu dicapai sebanyak-banyaknya. Apalagi mereka yang terjaring dijerat Tindak Pidana Ringan (Tipiring) dengan ancaman denda atau pidana tiga bulan penjara.

"Upaya-upaya sosialisasi dan pendampingan. Reward diberikan sesuai apresiasi. Kami tak target orang yang penting sampai mereka sadar," ungkapnya.

PILIHAN:


Buang Sampah Sembarangan, Puluhan Warga Jaksel Disidang


Buang Sampah Sembarang di Jakarta, Denda Rp50 Juta

Dokter pun Buang Sampah Sembarangan
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6121 seconds (0.1#10.140)