Melihat Koleksi Sejarah di Museum Gajah

Minggu, 07 Juni 2015 - 07:41 WIB
Melihat Koleksi Sejarah di Museum Gajah
Melihat Koleksi Sejarah di Museum Gajah
A A A
JAKARTA - Meski berdiri di tengah pusat Jakarta, sebagian besar warga Ibu Kota mungkin belum pernah mengunjungi Museum Nasional atau Museum Gajah. Lalu koleksi apa saja yang ada di museum ini?.

Beberapa waktu Sindonews berkunjung ke museum yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No 12, Jakarta Pusat. Sindonews masuk melalui Gedung A, Anda yang ingin berkunjung ke museum ini hanya cukup membayar tiket masuk Rp5.000 untuk dewasa dan anak-anak Rp2.000.

Harga lain dibedakan jika pembaca datang dengan membawa rombongan atau grup minimal 20 orang yaitu dewasa dikenakan tarif Rp3.000 dan anak-anak Rp1.000. Dan bagi Anda yang membawa teman turis luar negeri maka biaya yang dikenakan Rp10.000 baik anak-anak atau dewasa.

Untuk jam buka tutup di Museum Nasional berbeda antara hari kerja (weekday) atau hari libur (weekend). Untuk hari kerja Selasa-Kamis, pengunjung diperbolehkan berjalan-jalan pada pukul 08.00-16.00 WIB, untuk hari Jumat sama namun terpotong pada pukul 11.30-13.00 WIB untuk sholat jumat.

Sementara untuk Sabtu dan Minggu, pengunjung bisa datang pada pukul 08.00-17.00 WIB. Namun perhatian pada hari Senin museum akan tutup begitu pula dengan hari libur nasional juga akan tutup.

Museum Nasional Indonesia memiliki dua gedung yaitu Gedung A dan Gedung B. Gedung A hanya ada di lantai bawah. Di dalam Gedung A, ada enam koleksi di enam ruangan berbeda yang bisa kita gali lebih dalam ketika sudah berkeliling.

Koleksi sejarah, tekstil, keramik, etnografi, prasejarah, dan arkeologi. Ratusan bahkan ribuan patung-patung mulai patung Ganesha saat masuk kedalam pintu dan kemudian disamping kanan kiri patung Ganesha kita bisa melihat lain halnya.

Tak hanya Gedung A, Gedung B atau yang disebut Gedung Arca yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhyono pada 20 Juni 2007 juga banyak koleksi. Ketika Anda masuk, gedung yang terlihat lebih modern dari Gedung A memanjakan mata dengan berbagai macam koleksi yang ditampilkan.

Ada empat lantai dari tujuh lantai di Gedung B yang dikhususkan untuk memajang ribuan koleksi yang dikategorikan menjadi berbagai unsur budaya yang dipadu dengan dimensi bentuk, waktu, dan ruang.

Lantai pertama Gedung B atau Gedung Arca berisi mengenai manusia dan lingkungan. Lantai dua berisi berbagai koleksi budaya yang mengerucut pada ilmu pengetahuan, teknologi, dan ekonomi.
Lantai tiga, akan disuguhkan koleksi-koleksi mengenai kehidupan masyarakat dalam berorganisasi. Lantai empat atau lantai terakhir merupakan koleksi khasanah emas dan kemarik dipajangkan.

Untuk menjelajah museum yang memiliki luas lahan 26.000 meter persegi ini maka Anda harus meluangkan waktu kurang lebih 3 jam lamanya. Sindonews merasa puas ketika dapat melihat banyak hal yang bisa kita pelajari meski tidak perlu dihafalkan.

Namun kita pernah merasa menjadi bagian sejarah dari jutaan tahun yang lalu dari prasejarah hingga sejarah.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5573 seconds (0.1#10.140)