Musala 'Keramat' di Pinangsia Juga Tak Hangus Dikepung Api

Kamis, 28 Mei 2015 - 21:42 WIB
Musala Keramat di Pinangsia Juga Tak Hangus Dikepung Api
Musala 'Keramat' di Pinangsia Juga Tak Hangus Dikepung Api
A A A
JAKARTA - Musala 'keramat' Al-Barkah di Pinangsia, Jakarta Barat, bukan kali ini saja membuat warga tercengang. Pada hari ini musala 'keramat' tersebut tak bisa dirobohkan oleh alat berat Satpol PP.

Belum lama ini, sebelum ada pembongkaran paksa pemukiman bantaran Kali Ciliwung atas perintah Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok), musala tersebut sempat terkepung api yang membakar pemukiman.

Meski terkepung api dari pemukiman sekitarnya, kebakaran pada Sabtu 23 Mei 2015 itu tidak sedikitpun meninggalkan jejak hangus pada musala.

Heri, salah satu warga sekitar menceritakan kepada Sindonews. "Pas kebakaran itu api sudah menghabiskan beberapa rumah. Tapi Masya Allah, takjub saya lihat kebesaran Allah, itu musala enggak hangus sedikitpun. Padahal api bisa saja menjalar membakar musala. Itu semua pertolongan Allah SWT," tutur Heri saat melihat kebakaran tersebut beberapa hari lalu itu, Kamis (28/5/2015).

Heri menjelaskan, rumah di sebelah selatan musala itu sudah ludes terbakar, tapi tidak dengan bangunan untuk ibadah itu. "Semuanya karena Allah. Musala itu seolah jadi peredam agar api tidak menjalar kemana-mana," tambahnya.

Sementara itu, Gatot dan beberapa warga lainnya korban pembongkaran itu menilai peristiwa kebakaran itu seperti tak wajar. Diduga ada yang sengaja melakukan hal tersebut terkait rencana pembongkaran 114 rumah.

"Ya kalau kami melihatnya seperti sabotase gitu ya. Enggak wajar saja. Tapi ya semuanya sudah rata sama tanah," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, ratusan petugas gabungan melakukan pembongkaran terhadap 114 rumah di tiga RT yakni RT 04,05,06 yang termasuk dalam RW06 pada Rabu 27 Mei 2015 kemarin. Sampai saat ini warga memilih bertahan di tenda darurat dan ruko pinjaman.

Sebelumnya, musala ini sulit dirobohkan alat berat Satpol PP yang akan menggusur kawasan Pinangsia, Taman Sari. Namun, setelah petugas mencopot kubah, akhirnya musala runtuh diterjang alat berat.

Baca:

Musala 'Keramat' di Pinangsia Tak Mau Roboh Digusur Ahok


Rumah Didemo, Ahok: Saya Bisa Diusir dari Komplek


Rumah Gubernur Ahok Diserbu Massa Korban Bongkaran
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9340 seconds (0.1#10.140)