Kasus Covid-19 Melonjak di Tanjung Priok, Pemkot Jakut Akan Gelar Rapid Test Massal

Senin, 13 Juli 2020 - 12:33 WIB
loading...
Kasus Covid-19 Melonjak di Tanjung Priok, Pemkot Jakut Akan Gelar Rapid Test Massal
Di masa PSBB masa transisi kedua saat ini, Pemkot Jakarta Utara mencatat ada kenaikan signifikan kasus Covid-19 di Kecamatan Tanjung Priok. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi kedua saat ini, Pemkot Jakarta Utara mencatat ada kenaikan signifikan kasus Covid-19 di Kecamatan Tanjung Priok. Pemkot pun berecana melakukan tes massal rapid test di wilayah tersebut.

Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko mengatakan, beberapa wilayah mengalami peningkatan kasus Covid-19, salah satu wilayah yang paling meningkat secara signifikan di Kecamatan Tanjung Priok. "Di wilayah Sunter Jaya pada saat masa PSBB transisi tahap dua ada lima RW ditetapkan zona merah. Karena memang itu merupakan kawasan padat penduduk," kata Sigit saat di konfirmasi, Senin (13/7/2020).

Selain di kawasan permukiman padat penduduk, lanjut Sigit, kasus terbanyak juga ditemukan di pasar. "Untuk itu berdasarkan SOP Pasar Jaya, aktivitas di pasar tiga hari ditutup dan selama penutupan itu kita lakukan pembersihan disinfektan," ujarnya. (Baca: Buka Akhir Juli, Pengelola Bioskop Wajib Taati Protokol Kesehatan Covid-19)

Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Tanjung Priok, Sigit mendorong rapid test massal di Kecamatan Tanjung Priok. Hal ini sebagai langkah untuk memantau lebih luas. "Kita punya 'sample' yang lebih banyak dan lebih besar bahwa wilayah Tanjung Priok bisa masuk zona aman. Selain itu kita sekarang gunakan design testing lacak isolasi (TLI), dimana testing ini jadi kata kunci bagaimana kita bisa melakukan analisasi penyebarannya," ujarnya.

Sigit menerangkan, di Jakut lainnya, ada wilayah yang telah masuk menjadi zona hijau. "Terkhususnya penanganan di Kecamatan Pademangan sudah clear. Jadi ada dua RW yakni di RW 01 dan RW 12 Alhamdulilah sudah tidak ada penambahan kasus dan sudah ditetapkan menjadi zona hijau," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)