Ngeri! Cuci Muka di Sawah, Hidung Pemuda di Bogor Ini Kemasukan Lintah selama 2 Minggu

Sabtu, 07 Januari 2023 - 10:07 WIB
loading...
Ngeri! Cuci Muka di Sawah, Hidung Pemuda di Bogor Ini Kemasukan Lintah selama 2 Minggu
Puskesmas Sukamakmur, Kabupaten Bogor, berhasil mengeluarkan lintah dari rongga hidung pemuda berinisial JM.Foto/Istimewa/PuskesmasSukamakmur
A A A
BOGOR - Kejadian tidak mengenakkan JM warga Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor . Pasalnya, seekor lintah hidup ditemukan bersarang di rongga hidung pemuda berusia 22 tahun tersebut.

Petugas Puskesmas Sukamakmur, Teguh Yudiana mengatakan, peristiwa itu berawal ketika JM cuci muka di area persawahan dua pekan lalu. Seiring berjalannya waktu, pemuda tersebut merasakan sakit dan mengeluarkan darah dari hidungnya.

"Awalnya korban ini cuci muka di sawah, ternyata ada lintah yang masuk. Dia tidak engeh tuh ada yang masuk. Setelah 2 minggu hidung berdarah mimisan," kata Teguh saat dihubungi pada Sabtu (7/1/2023).

Menurut Teguh, JM mulai curiga ada benda di hidungnya karena merasakan sesuatu bergerak dalam hidungnya. Ketika dilihat, terdapat lintah dalam di rongga hidung.

"Ternyata dilihat sama dia ada lintah, terasa ada yang gerak-gerak," ungkapnya.

Selanjutnya, JM diantar temannya ke Puskesmas Sukamakmur pada Kamis, 5 Januari 2023. Petugas langsung mengambil tindakan untuk mengambil lintah hidup dalam rongga hidung pemuda tersebut.

"Alhamdulillah lintahnya sudah dikeluarkan. Diambilnya pakai pinset khusus buat hidung yang melengkung agak panjang. Lintahnya (ukuran) se-ibu jari tangan masih hidup," ujarnya.

Teguh menuturkan, lintah tersebut ketika masuk ke hidung JM masih berukuran kecil. Tetapi, terus tumbuh besar dalam hidung karena menghisap darah.

"Kayaknya waktu masuknya kecil. Kan lintah nyedot darah jadi gede. Alhamdulillah enggak masuk ke paru-paru. Kondisinya (JM) sudah membaik," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)