BMKG: Hujan Ekstrem Berpotensi Landa Jabodetabek Sepekan ke Depan

Senin, 02 Januari 2023 - 14:30 WIB
loading...
BMKG: Hujan Ekstrem Berpotensi Landa Jabodetabek Sepekan ke Depan
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat hingga ekstrem di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Foto: SINDONEWS/DOK
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat hingga ekstrem di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Hujan lebat hingga ektrem berpotensi terjadi di Jabodetabek se pekan kedepan.

“Di wilayah Jabodetabek masih berpotensi hujan dengan intensitas lebat yang lebat hingga sangat lebat, dan peluang menjadi ekstrem masih dimungkinan, walaupun tidak setinggi atau tidak seintens minggu ini,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangannya, Senin (2/1/2023).

Baca juga: Cuaca Buruk di Awal Tahun, 4 Penerbangan ke Bandara Soetta Dialihkan

Saat ini hujan di wilayah Jabodetabek mulai melemah. Meski begitu, Dwikorita meminta agar perlu diperhatikan kondisi lingkungan di Jabodetabek. Terutama terhadap potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir hingga longsor akibat cuaca ekstrem.

“Jabodetabek Ini kan (kondisi lingkungan) sudah banyak terganggu sehingga untuk menjadikan bencana seperti banjir, longsor, itu tidak harus menunggu hujan ekstrem," ucapnya.



"Hujannya cukup lebat saja atau bahkan sedang, itu kalau berlangsung cukup lama, beberapa jam itu bisa menimbulkan potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, banjir bandang dan kemungkinan angin kencang,” sambungnya.

(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)