Jelang Perayaan Paskah, Gereja di Jakbar Ditempatkan Sniper

Kamis, 02 April 2015 - 21:24 WIB
Jelang Perayaan Paskah, Gereja di Jakbar Ditempatkan Sniper
Jelang Perayaan Paskah, Gereja di Jakbar Ditempatkan Sniper
A A A
JAKARTA - Perayaan Jumat Agung dan Kamis Putih dalam perayaan hari Paskah Umat Kristiani di wilayah Jakarta Barat, membuat Polres Metro Jakarta Barat langsung menyebarkan ratusan personel di tiap gereja.

Selama tiga hari, Polres Metro Jakarta Barat mengerahkan 840 personel untuk pengamanan perayaan Paskah.

"Kami juga kerahkan penembak jitu untuk mengamankan total 114 gereja. Artinya, dengan melihat jumlah itu, satu gereja bisa dijaga lima personel," ujar Wakapolres Metro Jakarta Barat, AKBP Bahtiar Ujang Purnama, Kamis (2/4/2015).

Selain itu, POlres Jakbar juga mendapat back up dari Polda Metro Jaya sebanyak 100 personel.Tak hanya polisi, sejumlah ormas juga ikut mengamankan gereja di Jakarta Barat.

"Hingga saat ini, tidak ada ancaman teror berbahaya, tapi kami minta kepada polsek, setiap gereja pasang metal detector. Saya pikir cukup murah kalo membandingkan dengan keselamatan jamaah," ucapnya.

Pantauan SINDO, pengamanan gereja sendiri telah dilakukan sejak sore tadi. Beberapa anggota kepolisian dan tim Jibom (penjinak bom) langsung menyisir ke setiap sudut gereja.

Tak hanya pojokan dan sudut gereja, para pengunjung yang membawa tas pun tak luput dari pemeriksaan.

Antonius (45) salah satu pengunjung gereja di Santo Petrus Paulus, Taman Sari, Jakarta Barat yang mengikuti misa malam ini juga ikut dalam pemeriksaan. Meski diakuinya pemeriksaan cukup repot, namun ia mengaku tidak mempermasalahkan hal itu.

"Yah kalo ada orang curiga, pasti kita tahu ko. Kan semua jamaah disini kita kenal semuanya," ujar Antonius.

Antonius berharap, meski malam kamis agung ini diguyur hujan. Namun dirinya berharap hujan tidak akan membuat gerejanya menjadi banjir. "Hujan sih tetap, tapi moga aja ngga banjir," tutup pria anak dua itu.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6402 seconds (0.1#10.140)