5 Fakta Menarik Kota Bekasi yang Buat Kamu Ingin Jadi Warga Bekasi

Sabtu, 31 Desember 2022 - 06:30 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Kota Bekasi yang Buat Kamu Ingin Jadi Warga Bekasi
Piramida terbalik di kawasan Summarecon Bekasi seperti Museum Louvre di Paris, Prancis. Foto: Dok SINDOnews
A A A
BEKASI - Ada 5 fakta menarik Kota Bekasi yang membuat kamu ingin menjadi warga Bekasi . Kota berjuluk Kota Patriot yang merupakan bagian dari Jabodetabek dan menjadi kota satelit ini berkembang menjadi hunian kaum urban dan kawasan industri.

Bekasi juga pernah disebut “Planet Bekasi” oleh netizen lantaran kota dengan kemacetan luar biasa, panas dan gersang, semrawut, hingga memiliki infrastruktur tak beraturan.
Baca juga: Bekasi Macet, Netizen: Gokil, Pagi Ini Sudah Padat

Namun, di balik itu sebenarnya Kota Bekasi memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Berikut 5 fakta menarik Kota Bekasi yang membuat kamu ingin menjadi warga Bekasi.

1. Punya Stadion Terbesar
Kota Bekasi memiliki stadion megah bernama Stadion Patriot Chandrabhaga di Jalan KH Noer Ali. Stadion bertaraf internasional ini merupakan salah satu stadion terbesar setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan dan mampu menampung 30.000 orang.

Daya tampung tersebut adalah paling besar dibandingkan stadion yang dimiliki Kota Bogor, Depok, Serpong atau Tangerang. Pembangunan Stadion Patriot Chandrabhaga menelan dana sebesar Rp234 miliar.
5 Fakta Menarik Kota Bekasi yang Buat Kamu Ingin Jadi Warga Bekasi


2. Punya Flyover Paling Keren
Flyover KH Noer Ali Summarecon Bekasi memiliki peranan penting bagi perkembangan infrastruktur kawasan Bekasi. Pembangunan flyover ini memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat dan daerah setempat.

Flyover Summarecon sebagai overpass yang menghubungkan Kota Bekasi Selatan dengan Kota Bekasi Utara. Panjang flyover 1 km membentang indah dari Jalan Ahmad Yani sebagai jalan utama ke jalur kereta api di bawahnya.

Pembangunan flyover menelan anggaran sebesar Rp200 miliar. Flyover ini telah mendapatkan penghargaan kelas dunia “World Silver Winner” kategori Public Infrastructure or Amenities pada 2017 lalu.

3. Landmark Piramida Terbalik ala Museum Louvre Paris
Selain flyover cantik, ada pula spot lainnya di Bekasi yang menarik perhatian publik. Bekasi menghadirkan sebuah bangunan berbentuk piramida terbalik di kawasan Summarecon bak Museum Louvre di Paris, Prancis.

Dikutip dari summareconbekasi.com, piramida terbalik ini tingginya mencapai 17 meter. Angka tersebut melambangkan perjalanan Kota Summarecon di Bekasi yang seiring berjalannya waktu semakin berkembang dan kian besar serta mampu memberikan kontribusi positif bagi perusahaan dan lingkungan sekitar.

4. Banyak Kawasan Industri
Kota Bekasi maupun Kabupaten Bekasi mempunyai kawasan industri yang paling banyak. Di Kabupaten Bekasi, terdapat 10 kawasan industri yang menempati lahan dengan luas keseluruhan mencapai 9.496 hektare. Kawasan industri di Bekasi dibangun dengan konsep industrial estate berupa kota mandiri dengan fasilitas pendukung yang lengkap.

Di Kota Bekasi, menurut Sensus Ekonomi 2016 (SE 2016) tercatat sebanyak 203.056 unit usaha/perusahaan non-pertanian.

5. Lokasi Strategis
Dilihat secara geografis, Kota Bekasi berada pada ketinggian 19 meter di atas permukaan laut. Bekasi terletak di sebelah timur Jakarta. Kota ini berbatasan dengan Jakarta Timur di bagian barat dan Kabupaten Bogor di bagian selatan, serta Kota Depok di sebelah barat daya. Dengan demikian, Kota Bekasi berada di lokasi sangat strategis yang menghubungkan berbagai pusat ekonomi.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0660 seconds (0.1#10.140)