Komunitas Sopir Truk Sosialisasikan Keselamatan Berkendara di Bekasi

Rabu, 28 Desember 2022 - 18:59 WIB
loading...
Komunitas Sopir Truk Sosialisasikan Keselamatan Berkendara di Bekasi
KST Jabar di pangkalan truk Rawa Pasung di Kali Baru, Kecamatan Medansatria, Bekasi, Rabu (28/12/2022). Sosialisasi dilakukan karena maraknya kecelakaan truk di jalan. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BEKASI - Komunitas Sopir Truk (KST) Jawa Barat (Jabar) menggelar sosialisasi keselamatan berkendara untuk para sopir truk . Sosialisasi dilakukan karena maraknya kecelakaan truk di jalan.

Koordinator Wilayah KST Jawa Barat Willy Shadli mengatakan, berdasarkan pemberitaan yang dia baca, kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk terus meningkat dari tahun ke tahun. "Oleh karena itu, kita ingin menggalakan sosialisasi kepada sopir-sopir truk di Jawa Barat, khususnya Bekasi agar bisa selamat jika berkendara dengan baik," katanya di pangkalan truk Rawa Pasung di Kali Baru, Kecamatan Medansatria, Bekasi, Rabu (28/12/2022).

Dalam sosialisasi tersebut, KST mensosialisasikan pentingnya sopir truk memperhatikan beberapa hal sebelum mereka bekerja. Mulai dari pemeriksaan mesin truk, tekanan angin, hingga pengecekan rem.

"Pokoknya segalanya harus dicek sebelum berkendara. Agar di jalan tidak terjadi kecelakaan yang tidak kita inginkan. Lalu, misal ketika dia mengantuk di jalan, ya menepilah ke bahu jalan, agar dia bisa beristirahat dulu. Yang paling penting kami mengingatkan bahwa ada keluarga yang menanti kepulangan para sopir ini di rumah," jelasnya.

Kegiatan yang dihadiri ratusan sopir truk dari berbagai wilayah di Bekasi tersebut juga untuk menjalin silaturahmi. "Hari ini kita juga ada agenda berbagi sembako untuk mereka. Para penerima adalah sopir truk, istri-istri dari sopir truk, kenek, montir, juga warga sekitar yang kurang mampu," tuturnya.

Komunitas ini pun berkomitmen terus menjalin silaturahmi ke lebih banyak sopir truk di wilayah lain. Mereka akan menampung keluh kesah para sopir, berusaha menyelesaikan masalah dengan bermusyawarah, dan kembali mengadakan sosialisasi keselamatan berkendara.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)