Kaleidoskop 2022, Kecelakaan di Jabodetabek dengan Jumlah Korban Jiwa Terbanyak

Senin, 26 Desember 2022 - 06:01 WIB
loading...
A A A
Mobil oleng ke arah kiri jalan, menabrak sejumlah kendaraan dan tiang telekomunikasi hingga korban berjatuhan. Tujuh dari 10 korban meninggal dunia merupakan anak-anak yang bersekolah di SD Kota Baru 2 Kranji.

Senior Investigator KNKT Ahmad Wildan mengatakan, dari hasil pemeriksaan, semua sistem rem bekerja bagus, tidak ada kerusakan sama sekali. Secara keseluruhan truk trailer tersebut laik jalan.

KNKT menyatakan truk trailer itu mengalami kelebihan muatan hingga 200 persen.Dari hasil pengecekan pada delivery order truk, muatan maksimal yang dapat diangkut truk sebesar 20 ton.

Sementara, saat insiden maut terjadi, truk diduga mengangkut muatan seberat 55 ton. Ahmad menyebut truk memiliki daya motor sebesar 191 Kw. Sesuai dengan perhitungan dalam aturan yang ada, muatan truk yang diperbolehkan hanya 5,5 dari daya motor, artinya truk seharusnya hanya boleh mengangkut beban maksimal 34,72 ton.

3. Kecelakaan di Tol Jagorawi

Kecelakaan maut melibatkan minibus dan truk tangki terjadi di ruas Tol Jagorawi KM 06, pada 16 Agustus 2022. Tiga orang meninggal dunia dalam insiden tabrakan itu.

Kepala Induk PJR Tol Jagorawi AKP Budi Hernawan mengatakan, awalnya mobil bernomor polisi B 2468 PKC tengah melaju dari arah Cibubur menuju Jakarta di lajur 1.

Diduga sopir mobil mengantuk kemudian oleng menabrak kendaraan truk tangki F 8234 HE yang sedang berhenti di bahu jalan. Akibatnya mobil tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah di bagian depan.

Posisi mobil melintang di antara bahu jalan dengan lajur 1. Kondisi (mobil) depan hancur, serong menghadap Barat.

4. Kecelakaan di Tol JORR JLB Km 5 800 B

Kecelakaan maut antara minibus versus truk di Jalan Tol JORR JLB Km 5 800 B, Cengkareng, Jakarta Barat, pada 26 Sepetmber 2022 lalu. Kecelakaan ini menewaskan dua orang yang masih sekeluarga dan dua lainnya luka-luka.

Kanit Laka Lantas Polres Jakarta Barat AKP Hartono mengatakan, semua korban merupakan satu keluarga yang berada dalam minibus F 1303 RS. Mobil melaju dari Bogor menuju arah Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Minibus menabrak bagian kanan belakang truk AA 1904 BA yang dikemudikan JR yang melaju searah di depannya. Akibat tabrakan itu, minibus terbalik di lajur dua.

Penumpang minibus berinisial AR dan SY mengalami luka pada bagian kepala dan dinyatakan meninggal dunia di lokasi. Sementara, dua korban lainnya yakni AK dan AL juga mengalami luka di bagian kepala. Keduanya menjalani perawatan di RSUD Cengkareng.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0881 seconds (0.1#10.140)