Jaga Kebersihan saat Perayaan Natal, DKI Kerahkan 1.760 Personel Pasukan Oranye

Rabu, 21 Desember 2022 - 16:23 WIB
loading...
Jaga Kebersihan saat Perayaan Natal, DKI Kerahkan 1.760 Personel Pasukan Oranye
Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan 1.760 pasukan oranye untuk menjaga kebersihan saat perayaan Natal 2022. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menjamin tidak akan terjadi penumpukan sampah selama perayaan Natal di Ibu Kota. Sebanyak 1.760 petugas pasukan oranye diturunkan untuk menjaga kebersihan Jakarta saat Natal 2022.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, kegiatan penanganan kebersihan selama Natal tetap berlangsung seperti biasa. Sebab, meski jatuh pada hari libur, pasukan oranye DLH tetap bekerja seperti biasa.

”Untuk mengantisipasi timbulan sampah pada momen tersebut, pihaknya telah mempersiapkan rencana operasi, satuan tugas, sarana dan armada penanganan sampah,” kata Asep, Rabu (21/12/2022).

“Seluruh Suku Dinas Lingkungan Hidup tingkat Kota Administrasi dan Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup di tiap Kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi kebersihan lingkungan gereja di wilayah tugasnya masing-masing,” tambahnya.

Asep menjelaskan DLH menerjunkan minimal 40 personel penanganan kebersihan di setiap kecamatan. Mereka ditugaskan memastikan kegiatan Natal dan rangkaian perayaannya berlangsung dengan baik.

”Bahkan ada petugas yang ikut serta gotong royong membersihkan gereja bersama pengurusnya untuk mempersiapkan rangkaian perayaan natal,” ujarnya.

DLH juga mengerahkan regu comot di lingkungan gereja bekerja sama dengan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan terkait.

Selain personel, DLH juga menyiapkan kendaraan angkut sampah, road sweeper atau mobil penyapu jalan otomatis, toilet mobile, tempat sampah beroda, dan menyiagakan TPST Bantargebang beroperasi 24 jam untuk melakukan pelayanan di malam Natal.

Asep menambahkan terutama untuk gereja-gereja besar yang jemaatnya ramai, petugas dan armada penanganan kebersihan ditugaskan lebih optimal.

Misalnya di Gereja Katedral dan Emanuel Jakarta Pusat, Gereja Ayam di Jakarta Barat, Gereja Advent dan HKBP Pasar Minggu Jakarta Selatan, Gereja Theresia Jakarta Timur, dan Gereja Tiberias Indonesia Kelapa Gading Jakarta Utara.

Lebih lanjut, Asep juga mengantisipasi penanganan kebersihan di tempat wisata mengingat bertepatan dengan libur anak sekolah mulai dari Kawasan Monas, Taman Margasatwa Ragunan, Kawasan Ancol, Kawasan Kota Tua, dan Taman Mini Indonesia Indah.

Sebagai informasi, di beberapa tempat wisata dan pusat keramaian utama di Jakarta juga disiapkan bus toilet, mobil sapu jalan otomatis, menempatan dust bin, serta petugas gerobak motor yang setiap 2 jam sekali melakukan penyisiran sampah.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)