Syukuran 12 Tahun Pengabdian, Alumni Akpol 2010 Ajak Healing Penghuni Panti Jompo

Minggu, 18 Desember 2022 - 22:20 WIB
loading...
Syukuran 12 Tahun Pengabdian, Alumni Akpol 2010 Ajak Healing Penghuni Panti Jompo
Rangkaian kegiatan sosial digelar alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 2010 Rinaksa Sakalamandala dalam rangka peringatan 12 tahun pengabdian. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Rangkaian kegiatan sosial digelar alumni Akademi Kepolisian ( Akpol ) 2010 Rinaksa Sakalamandala dalam rangka peringatan 12 tahun pengabdian. Tahun ini, syukuran diisi dengan berwisata bersama para penghuni panti jompo Pusaka 41 Al Madiniyah Cengkareng ke Jakarta Aquarium, Jakarta Barat.

Kegiatan wisata bersama ini adalah wujud kepedulian kepada masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan. Sejalan dengan komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar para anggota Polri dekat dengan masyarakat.

“Kita dengar ada lansia yang ditinggalkan begitu saja di pagar panti oleh anaknya. Tapi kita salut, sebagian dari mereka masih ada semangat hidup dengan berjualan uli, mengumpulkan botol plastik bekas. Makanya kita mengadakan acara yang membuat para orang tua ini terhibur, karena mereka hampir tidak pernah keluar panti untuk rekreasi,” kata Ketua Angkatan Akpol 2010 B Kompol Reza Fahlevi, Minggu (18/12/2022).

Pihaknya berkolaborasi dengan Jurnalis Trunojoyo, sebutan untuk komunitas wartawan yang sehari-hari meliput Mabes Polri, untuk membuat kegiatan sosial yang sedikit berbeda dari biasanya. Dengan berwisata bersama, Reza berharap rasa terbuang dan kesepian para lansia ini terobati.

“Kita ingin menghibur mereka juga, yakni para anak-anak dan penyandang disabilitas sebanyak 80 anak-anak ini dengan menghadirkan badut sulap. Dan para lansia, kita dan para istri (Bhayangkari) menemani berkeliling di Jakarta Aquarium. Kita ajak healing,” kata Reza.

Sebelum wisata bersama penghuni panti jompo, puluhan alumni Akpol 2010 yang berdinas di wilayah hukum Polda Metro Jaya menggelar acara syukuran dengan doa bersama lalu potong tumpeng di Aula Sekretariat RW 05 Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Jalan Nurul Amal Nomor 9.

Saat acara syukuran, hadir 30 penghuni panti jompo, 20 anak disabilitas binaan Yayasan Al-Madiniyah dan 60 anak yatim-piatu binaan Yayasan Al-Madiniyah.

Para alumni beserta pasangannya turut blusukan ke gang-gang di sekitar lokasi acara untuk membagikan sembako kepada warga kurang beruntung.

Reza menambahkan Alumni Akpol 2010 B Rinaksa Sakamandala akan mendistribusikan bantuan sembako ke korban gempa Cianjur, Jawa Barat dan erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Bantuan akan diberangkatkan dengan bus, besok Senin (19/12/2022).

“Kita akan berangkatkan bantuan sembako ini pada Senin besok. Sesuai dengan arahan Kapolri pada saat Apel Kasatwil agar kami semua bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri bagaimana caranya kami harus hadir di tengah masyarakat,” ungkap Reza.

"Juga akan dilakukan pembagian baksos ke kampung nelayan di Kawasan Kali Baru, Jakarta Utara," tambahnya.

Ketua Yayasan Al-Madiniyah, Iis Ismawati mengaku para lansia terhibur berwisata ke Jakarta Aquarium. Puluhan nenek yang tinggal di panti antusias sejak dikabari akan diajak jalan-jalan. Pun para anak disabilitas dan anak yatim piatu binaannya, yang menonton pertunjukan badut dan sulap.

“Berjalan lancar banget, barakallah. Terima kasih banyak atas kepeduliannya, berkah semuanya. Kita sangat berterima kasih kepada para Alumni Akpol 2010 B, sudah mengadakan acara sosial seperti ini. Memang kalau anak-anak sering keluar, tapi yang lansia ini hidupnya hanya di panti. Semoga Polri tetap di hati masyarakat,” ujar Iis.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)