Jelang Mudik Nataru, Dishub Kota Bekasi Cek Kesiapan Bus

Rabu, 07 Desember 2022 - 14:26 WIB
loading...
Jelang Mudik Nataru, Dishub Kota Bekasi Cek Kesiapan Bus
Petugas Dishub Kota Bekasi tengah menempelkan stiker di kaca bus depan yang telah diperiksa kesiapannya sebagai armada mudik Nataru. Foto: MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
BEKASI - Dinas Perhubungan ( Dishub ) Kota Bekasi melaksanakan ramp check (inspeksi keselamatan) terhadap 33 unit bus . Ramp check dilakukan dalam menyambut momen libur Natal 2022 dan Tahun Baru ( Nataru ) 2023.

Berdasarkan pantauan di lokasi, sejumlah petugas Dishub melakukan pemeriksaan pada tiap armada bus tersebut. Pemeriksaan dilakukan secara rinci mulai dari rem, lampu penerangan, lampu sein, mesin bahkan kelengkapan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pun juga menjadi catatan.

Nantinya petugas Dishub akan memberikan catatan kepada armada agar menyelesaikan kekurangan masing-masing bus.

“Kegiatan itu mengutamakan keselamatan kendaraan di mana ramp check ini melihat kondisi kendaraan, jadi nanti kita bergabung dengan pihak pengujian kendaraan bermotor dan didampingin Kemenhub BPTJ,” ucap Kasie Angkutan Tidak Dalam Trayek (ATDT) Dishub Kota Bekasi Permata Sidik, Rabu (7/12/2022).

Pemeriksaan ini akan dilakukan mulai hari ini hingga tiga hari ke depan dengan menargetkan seluruh armada dilakukan pengecekan. Untuk hari ini, ada sebanyak 33 unit armada bus yang rampung dilakukan pemeriksaan.



“33 bus diperiksa, tiga unit tidak layak jalan dalam arti harus ada perbaikan karena ada beberapa item yang harus diperbaiki,” jelasnya.

Sidik menegaskan, kegiatan ini perlu dilakukan agar menjamin keselamatan penumpang selama mudik di momen Nataru. Menurutnya, seluruh PO pun kooperatif untuk dilakukan pemeriksaan.

“Ini sangat urgent sekali, karena ini soal keselamatan penumpang yang akan mudik di Nataru. Kegiatan ini perlu kita cek karena dari BPTJ sudah memberikan arahan, karena untuk angkutan darat yaitu kendaraan bus yang di mana ada beberapa jurusan yang diminati pemudik,” tukasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5020 seconds (0.1#10.140)