Sehatkan Lansia, MNC Peduli Dukung Senam Wai Tan Kung di CFD Sudirman

Minggu, 04 Desember 2022 - 13:46 WIB
loading...
Sehatkan Lansia, MNC Peduli Dukung Senam Wai Tan Kung di CFD Sudirman
Ratusan lansia senam di Car Free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (4/12/2022) mengikuti senam Wai Tan Kung. Foto/MPI/Irfan Maulana
A A A
JAKARTA - Ratusan masyarakat lanjut usia (lansia) senam di Car Free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (4/12/2022). Bukan senam biasa, melainkan senam yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit yang dinamakan Wai Tan Kung.

Kegiatan tersebut diadakan oleh komunitas Senam sehat Indonesia/ Wai Tan Kung (SSI/WTK) yang bekerjasama sama dengan Badan Perumusan Wilayah (BPW) Orang Indonesia (OI) DKI Jakarta dan didukung oleh MNC Peduli.

Nampak ratusan lansia itu bersemangat menggerakkan badannya mengikuti instruktur. Sebab, senam ini dipercaya cocok untuk lansia dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Baca juga: Wai Tan Kung, Senam yang Bikin Lansia Sehat dan Bahagia

”Memang usia itu terus berjalan yah di usia senja segala macam penyakit akan datang dengan sendirinya. Mengikuti senam ini bisa jadi salah satu mencegah penyakit,” ujar Penasihat SSI/WTK Barakot Jakarta Pusat, Sumarni, Minggu (4/12/2022).

Kata dia, sudah banyak orang yang penyakitnya sembuh ketika mengikuti senam ini dengan rutin. Seperti sakit jantung, kangker payudara dan gula darah. Baca juga: Diikuti Ratusan Lansia, MNC Peduli Gelar Senam Wai Tan Kung di CFD

”Ada yang peserta menderita gula darah sampe 500 ikut senam gula darahnya jadi 140. Lalu ada Bapak-bapak dulu mau operasi jantungnya tapi takut terus ikut senam gak jadi operasi,” ujarnya.

”Ada juga ibu-ibu yang payudaranya sudah dioperasi sebelah kiri. Terus mau dioperasi lagi yang sebelah kanan mau diambil, sekarang enggak jadi karena ikut senam,” tambahnya.



Sumarni menuturkan senam tersebut berada dari Thailand dan mulai dikembangkan di Indonesia sejak 1987. Saat itu, berusia 47 tahun hanya berenam saja menekuni senam tersebut dengan teman-temannya. ”Sekarang ratusan ikut karena senam ini bagus,” tuturnya.
(ams)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2661 seconds (11.210#12.26)