Gawat! Puluhan Anak di Kota Bekasi Terjangkit HIV/AIDS

Minggu, 04 Desember 2022 - 08:43 WIB
loading...
Gawat! Puluhan Anak di Kota Bekasi Terjangkit HIV/AIDS
Puluhan anak di Kota Bekasi terjangkit HIV/AIDS. Foto/Ilustrasi
A A A
BEKASI - Pemkot Bekasi mencatat sebanyak puluhan anak diwilayahnya terjangkit HIV/AIDS. Kasus ini terjadi lantaran adanya penularan dan turunan dari orang tuanya.

”Ada 67 anak di Kota Bekasi terindikasi terpapar HIV karena turunan (yang berasal dari pihak keluarga),” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati, Minggu (4/12/2022).

Menurut dia, hingga Agustus 2022 lalu, pihaknya mencatat sebanyak 554 warganya positif HIV/AIDS. Data itu terekam sejak Januari hingga Agustus 2022.”Kalau hingga akhir tahun bertambah hingga 700 orang, termasuk 67 anak tersebut,” katanya.

Untuk mencegah terjadinya penyebaran, lanjut Nia, pihaknya mengadakan kegiatan konseling dan tes HIV kepada orang yang berisiko dengan menggelar Voluntary Counseling dan Testing (VCT) secara mobile seperti di tempat hiburan malam.



Selain itu, Pemkot Bekasi tengah berupaya menyiapkan baik sarana dan prasarana penunjang bagi para ODHA untuk bisa melakukan perawatan maupun penanganan dalam menyikapi penyakit HIV/AIDS yang terus bertambah.

Saat ini, Pemkot Bekasi menyiapkan 10 fasilitas kesehatan untuk melayani penyakit HIV/Aids yang terdiri dari 4 RSUD dan kemudian 6 Puskemas.”Kita tambah 15 pusat kesehatan lagi ya nanti kita optimalkan untuk pelayanan ODHA,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)