PKB Ingatkan Perusahan Startup Jangan Sembarang PHK Karyawan

Sabtu, 03 Desember 2022 - 13:58 WIB
loading...
PKB Ingatkan Perusahan Startup Jangan Sembarang PHK Karyawan
Jubir Muda PKB Dira Martamin dan Michael Sinaga mengingatkan agar perusahan startup jangan sembarang PHK karyawan, Sabtu (3/12/2022). Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengingatkan perusahaan startup tidak penjadikan momentum krisis ekonomi global untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan.

"Intinya, perusahaan startup yang masih kuat dan stabil jangan memanfaatkan keadaan ekonomi global itu untuk menjadikan alasan melakukan PHK karyawan," ujar Jubir Muda PKB, Dira Martamin, Sabtu (3/12/2022).

Pada dasarnya PKB miris melihat banyaknya perusahaan startup di Indonesia yang terdampak keadaan ekonomi global. Namun Dira mengingatkan,jutaan rakyat Indonesia menggantungkan hidupnya pada perusahaan startup. Mereka percaya perusahaan tersebut dapat mengangkat kehidupan ekonomi rumah tangga mereka.

Baca juga: Badai PHK Belum Berlalu, Startup Ajaib Pecat 67 Karyawan

"Jangan sampai kehidupan mereka hancur lantaran perusahaan yang tidak terlalu berimbas keadaan ekonomi global malah melakukan pemecatan," ucapnya.

Pernyataan Dira diamini Jubir PKB lainnya, Michael Sinaga. Menurutnya, keadaan ekonomi global memang memaksa perusahaan startup melakukan efisiensi. Namun, PHK bukan satu-satunya cara melakukan efisiensi tersebut.

"Perusahaan startup yang terkena dampak ekonomi global harus mencari solusi yang tidak mengorbankan karyawannya," kata dia.

Baca juga: Gelombang PHK Semakin Ramai, Ini Langkah Kemnaker

Michael pemerintah segera mengambil langkah konkrit untuk menyelamatkan jutaan karyawan agar Indonesia tidak masuk dalam jurang resesi.

"Kondisi seperti ini jika dibiarkan akan terus menciptakan tingkat pengangguran yang sangat signifikan. Tidak menutup kemungkinan Indonesia masuk dalam jurang resesi," ucapnya.
(thm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3322 seconds (10.55#12.26)