Gempa Garut Guncang Jakarta, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Tenang

Sabtu, 03 Desember 2022 - 17:35 WIB
loading...
Gempa Garut Guncang Jakarta, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Tenang
Gempa Garut berkekuatan Magnitudo 6,4 mengguncang hingga Jakarta. Meski demikian, BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang. Foto: Twitter BMKG
A A A
JAKARTA - Gempa Garut berkekuatan Magnitudo 6,4 mengguncang hingga Jakarta. Meski demikian, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat tetap tenang.

Meski demikian, BMKG memastikan gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (after shock). BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada.



"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tulis keterangan BMKG.

BMKG melaporkan gempa magnitudo 6,4 mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Sabtu (3/12/2022) pukul 16.49 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,51° Lintang Selatan (LS); 107,52° Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi 52 kilometer arah barat daya pada kedalaman 118 kilometer.

Selain Kabupaten Garut, getaran gempa tersebut juga dirasakan di daerah Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, hingga Jakarta.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2732 seconds (0.1#10.140)