10 Kecamatan di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur Berpotensi Alami Tanah Bergerak

Kamis, 01 Desember 2022 - 11:39 WIB
loading...
10 Kecamatan di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur Berpotensi Alami Tanah Bergerak
BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini potensi bencana tanah bergerak di 10 kecamatan wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini potensi bencana tanah bergerak di 10 wilayah. Ke-10 wilayah berpotensi bencana tanah bergerak ini berada di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

"Prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG," tulis laman Instagram @bpbddkijakarta dikutip MPI pada Kamis (1/12/2022).

Menurut informasi dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), beberapa daerah di DKI Jakarta berada di zona menengah.

Adapun wilayah yang berpotensi mengalami tanah bergerak di Jakarta Selatan meliputi Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, dan Pesanggrahan.

Sedangkan wilayah Jakarta Timur meliputi Kecamatan Kramat Jati dan Pasar Rebo.

"Pada zona menengah dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan. Sementara pada Zona Tinggi, gerakan tanah lama dapat aktif kembali," jelas akun tersebut.

10 Kecamatan di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur Berpotensi Alami Tanah Bergerak

Foto/IG @bpbddkijakarta

BPBD DKI mengimbau Lurah, Camat, dan masyarakat untuk tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)