Waspada! Ini Wilayah Bogor yang Rawan Terdampak Gempa

Selasa, 29 November 2022 - 18:45 WIB
loading...
Waspada! Ini Wilayah Bogor yang Rawan Terdampak Gempa
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyebut beberapa wilayahnya rawan terdampak gempa. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BOGOR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyebut beberapa wilayahnya rawan terdampak gempa . Meskipun pusat gempa bukan berada di Bogor.

"Histori gempa kita biasanya terdampak dari wilayah lain seperti Banten, Pelabuhanratu," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor Agus Suyatna, Selasa (29/11/2022).

Kata dia, Bogor yang rawan terdampak berada di perbatasan. Khususnya apabila pusat gempa tercatat berada di kedua wilayah tersebut.

"Biasanya terdampak daerah perbatasan Sukajaya, Nanggung yang berbatasan langsung dengan Sukabumi. Terus daerah Cigombong, Cijeruk, kalau terjadi gempa juga biasanya terdampak," jelasnya.



Sedangkan, ada wilayah lain yang rupanya juga rawan terdampak. Seperti Cisarua, Megamendung dan Sukamakmur yang terdampak gempa Cianjur.

"Baru terjadi sekarang kita berdampak juga nih dari Cianjur. Itu daerah-daerah yang kena dampak kemarin Cisarua, Megamendung, Sukamakmur, yang berbatasan dengan Cianjur," ungkapnya.

Sejauh ini, berdasarkan catatannya Kabupaten Bogor tidak memiliki potensi pusat bencana gempa bumi. Namun, berpotensi ikut terdampak apabila pusat gempa berada dekat dengan wilayah Bogor.

"Memang Kabupaten Bogor historisnya tidak punya potensi pusat gempa. Walaupun pusat gempanya bukan di kita cuma dampaknya aja," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)