Kisah RS Apung Lie Dharmawan Salurkan Bantuan ke Pulau Terpencil Indonesia Kini Gandeng MNC Peduli

Rabu, 16 November 2022 - 17:00 WIB
loading...
Kisah RS Apung Lie Dharmawan Salurkan Bantuan ke Pulau Terpencil Indonesia Kini Gandeng MNC Peduli
Rumah Sakit Apung Lie Dharmawan II menjadi salah satu program DoctorSHARE dalam menjangkau masyarakat di pulau terpencil Indonesia yang bergerak di bidang kesehatan. Foto: MPI/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Rumah Sakit Apung Lie Dharmawan II menjadi salah satu program DoctorSHARE dalam menjangkau masyarakat di pulau terpencil Indonesia yang bergerak di bidang kesehatan. Kini, MNC Peduli turut andil dalam program tersebut.

Vice Managing Director DoctorSHARE Tutuk Utomo Nurhady mengatakan, berlayarnya kapal yang dimodifikasi menjadi rumah sakit ini tak serta merta terombang-ambing di lautan. Mereka memiliki misi kemanusiaan dengan memberi pengobatan gratis kepada masyarakat pesisir.

"Memang RS ini didesain untuk melayani masyarakat di pulau-pulau terpencil yang jauh dari akses kesehatan di mana secara sosial ekonomi mengalami keterbatasan," ujar Tutuk, Rabu (16/11/2022).
Baca juga: MNC Peduli Apresiasi Program Rumah Sakit Apung yang Digagas DoctorSHARE

Kapal ini juga telah malang melintang di samudera Indonesia. Salah satunya turut menyambangi pulau-pulau Kalimantan, Kepulauan Riau, hingga Kepulauan Seribu.

"RS apung ini sudah melayani di tiga lokasi berbeda, yang pertama di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu lalu melayani Pulau Tambelan, Kepulauan Riau, serta Kepulauan Karimata, Kalimantan," ucapnya.

Misi kepedulian ini tidak akan usai begitu saja. MNC Peduli turut memberikan peran penting kepada RS Apung dr Lie Dharmawan dalam menjangkau masyarakat di pulau terluar Indonesia. Nanti mereka akan bergerak bersama dalam menangani operasi katarak hingga bibir sumbing.

"MNC peduli mengambil peran untuk bisa ikut serta dalam pekerjaan baik ini. Beberapa program yang saat ini kami diskusikan bersama adalah program terkait operasi katarak, bibir sumbing, dan pelayanan medis dasar bagi masyarakat di wilayah kepulauan yang jauh dari akses kesehatan," ujar Tutuk.

Diketahui, MNC Peduli merupakan wadah kegiatan sosial dari MNC Group dan seluruh unit usaha yang terafiliasi. Dalam menjalankan visi-misi, #mncpeduli melaksanakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat khususnya prasejahtera dan terdampak bencana.

Tiga pilar utama yang dijalankan yaitu sosial, kemanusiaan, dan keagamaan, termasuk di dalamnya yang terkait dengan pendidikan, lingkungan, dan pembangunan infrastruktur. Simak pula aktivitas dan inspirasi kepedulian serta solidaritas yang diusung MNC Peduli di website mncpeduli.org .
(jon)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3174 seconds (10.55#12.26)