Bupati Tangerang Raih Penghargaan Penataan Kawasan Pesisir

Rabu, 09 November 2022 - 17:48 WIB
loading...
Bupati Tangerang Raih Penghargaan Penataan Kawasan Pesisir
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar kembali mendapatkan penghargaan atas keberhasilannya membangun kawasan pesisir.Foto/Humas Kab Tangerang/Dok
A A A
JAKARTA - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar kembali mendapatkan penghargaan atas keberhasilannya membangun kawasan pesisir. Zaki dinilai berhasil meningkatkan perekonomian serta membangun infrastruktur di kawasan pesisir.

Penghargaan ini diberikan salah satu perusahaan swasta. Bupati Zaki dinilai berhasil meningkatkan perekonomian serta membangun infrastruktur di kawasan pesisir.

Zaki mengatakan penghargaan ini merupakan pelecut motivasi dirinya untuk terus mengembangkan kawasan pesisir. "Ini memberikan kami semangat dan motivasi untuk terus membangun desa dan juga pesisir di Kabupaten Tangerang, termasuk desa-desa yang lain," katanya dalam siaran pers pada Rabu (9/11/2022).

Zaki menuturkan, fokus utama Pemkab Tangerang adalah pembangunan infrastruktur dan ekonomi di wilayah pesisir. Salah satunya di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk.

Kini kawasan pesisir tersebut telah berkembang menjadi wilayah ekonomi baru serta ramah ekosistem laut. Hal ini berkat berhasilnya program Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan).

Program iniberfokus pada upaya pemulihan ekonomi masyarakat pesisir dan juga penataan pemukiman, mulai dari bangunan, sanitasi hingga infrastruktur.

Bahkan desa nelayan tersebut juga menjadi percontohan nasional dan internasional untuk pembangunan daerah pesisir. Baca: Bupati Ahmed Zaki Iskandar Sebut Tangerang Initiative untuk Masa Depan Kawasan Pesisir

Faktor utama keberhasilan pembangunan ini adalah penanaman hutan mangrove yang membuat kualitas air semakin baik dan produktif untuk tambak ikan dan udang.

Bahkan selama 30 tahun terakhir abrasi yang terjadi di pesisir Kabupaten Tangerang bisa diminimalisir dengan penanaman hutan mangrove tersebut, serta berhasil menghentikan banjir rob yang kerap terjadi.

Tidak hanya Desa Ketapang yang dilakukan pembenahan. Akan ada empat desa lagi yang menjadi fokus pembangunan desa pesisir di Kabupaten Tangerang, yaitu Desa Kronjo, Surya Bahari, Tanjung Pasir, dan Marga Mulya yang dibangun menyesuaikan kebutuhan masing-masing wilayah.
(hab)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2016 seconds (10.177#12.26)