Heru Budi Targetkan 4,8 Km Normalisasi Sungai Ciliwung selama Memimpin Jakarta

Selasa, 08 November 2022 - 21:48 WIB
loading...
Heru Budi Targetkan 4,8 Km Normalisasi Sungai Ciliwung selama Memimpin Jakarta
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menargetkan normalisasi Sungai Ciliwung sepanjang 4,8 Km selama masa jabatannya. Foto: MPI/Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menargetkan normalisasi Sungai Ciliwung sepanjang 4,8 Km selama masa jabatannya. Fokusnya adalah mengurangi banjir di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

"Timur dan Selatan yang memang harus ada pengendalian banjir. Kan Pemda (DKI) dituntut supaya tidak banjir," ujar Heru, Selasa (8/11/2022).

Baca juga: Normalisasi Sungai di Jakarta Kembali Dilanjutkan Tahun 2023

Heru menyiapkan dua opsi bagi warga terdampak program normalisasi Sungai Ciliwung. Opsi pertama membayar ganti rugi kepada pemilik lahan, dan kedua memindahkan warga ke rumah susun (rusun) milik DKI.

Selain itu, kata Heru, pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR tengah mengebut proyek Bendungan Ciawi. Ia optimis adanya bendungan tersebut dapat mengurangi 40 persen potensi banjir di Jakarta.



"(Setelah) Sukamahi selesai, saya akan memperpanjang penlok (penentuan lokasi) di sodetan agar bisa diselesaikan. Sudah lumayan besar itu. Setidaknya bisa mengurangi 40 persen," tutur Heru.

Heru pada tahun 2023 menganggarkan dana Rp700 miliar untuk pembebasan lahan normalisasi Sungai Ciliwung. Anggaran tersebut masuk dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2023.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)